Kerja Ekstra untuk Pemutakhiran Basis Data Terpadu Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 10 November 2016 08:29:40 WIB

Sawahan (SID) – Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) data kemiskinan yang dilaksanakan serentak di 144 Desa se Kabupaten Gunungkidul ternyata membuat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Desa haru bekerja ekstra untuk menyelesaikan proses tersebut.

Sejak awal bulan Oktober lalu dilakukan tahapan-tahapan mulai dari pelatihan-pelatihan, musyawarah dusun/desa, pendataan, sampai dengan entry data menggunakan aplikasi online Sistem Informasi Desa. Saat ini TKPK Desa Sawahan sudah melalui tahapan entry data yang dilaksanakan oleh Operator SID Desa.

“Memang agak terlambat dalam proses PBDT di Desa Sawahan ini karena memang beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan bersamaan, namun kita optimis bisa selesai sesuai yang ditargetkan” ungkap Dwiyono, Ketua TKPK Desa Sawahan. Sebanyak 134 Rumah Tangga yang harus dilakukan entry data ke dalam sistem. Proses Entry memakan waktu cukup lama karena proses entry dikerjakan secara online sedangkan internet di Desa hanya menggunakan wifi tethering dari smartphone. Tetapi itu tidak menjadi kendala berarti bagi operator SID untuk terus melakukan tugas menginput data.

Pemerintah Desa harus memanfaatkan moment ini karena dilibatkan dalam pengelolaan data yang selama ini akses untuk berpartisipasi dalam pengelolaan data ke TNP2K begitu sulit. Selama ini Pemerintah Desa tidak dilibatkan dalam pendataan tetapi resiko dan aduan masyarakat menumpu ke Pemerintah Desa, sedangkan Pemerintah Desa sendiri sangat sulit melakukan aduan kaitannya dengan data kemiskinan.

Harapannya data PBDT yang telah diinputkan akan benar-benar menjadi data yang faktual sehingga sasaran terhadap program-program Pemerintah di masyarakat benar-benar tepat dan tidak menjadi gejolak lagi di masyarakat. (rizkya)

Komentar atas Kerja Ekstra untuk Pemutakhiran Basis Data Terpadu Desa Sawahan

Yani 15 November 2016 01:12:34 WIB
Jangan sampai yg miskin tidak dibantu, malah membantu yang kaya.
Andi 11 November 2016 21:00:09 WIB
Semoga benar seperti itu
Bambang heriyanto 10 November 2016 20:37:42 WIB
Tes

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM