Evaluasi Pelaksanaan PBDT Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 15 November 2016 02:17:51 WIB

Sawahan (SID) – Untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam mewujudkan data kemiskinan yang update, Pemerintah Desa Sawahan melalui TKPK Desa telah turut berpartisipasi untuk melaksanakan Pemutakhiran Basis Data Kemiskinan yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Desa.

Ada berbagai kendala yang dialami Pemerintah Desa Sawahan dalam melaksanakan PBDT diantaranya waktu yang sangat singkat memaksa petugas pendataan dan pengentry data bekerja ekstra keras untuk menyelesaikan tugas mereka.

Waktu yang singkat tersebut juga berpengaruh terhadap pemahaman petugas pendataan yang mayoritas adalah Dukuh dalam mengisi blanko pendataan, sehingga data yang diinputkan terkadang tidak lengkap atau harus mengkonfirmasi kembali data sehingga memakan waktu lebih lama.

Seluruh petugas pendataan dan pengentry data adalah Perangkat Desa  yang  harus mengurus banyak pekerjaan di masyarakat ataupun pekerjaan di Desa. Agenda pekerjaan yang berada di penghujung tahun cukup banyak sehingga fokus pelaksanaan pekerjaan terkadang kurang maksimal.

Kendala yang cukup berat adalah pada proses entry data yang dilakukan secara online. Pemerintah Desa Sawahan pada tahun 2016 ini belum mempunyai jaringan internet yang stabil. Saat ini Kebutuhan internet hanya diperoleh dari wifi tethering dari jaringan seluler sehingga proses entry data harus sering keluar untuk menginputkan data.

Namun kendala-kendala tersebut diatasi oleh keuletan dan kerja keras TKPK Desa bersama operator SID Desa Sawahan sehingga proses PBDT Desa Sawahan dapat diselesaikan sesuai dengan target waktu yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Harapannya data yang yang telah di verifikasi dan divalidasi oleh TKPKDesa ini akan menghasilkan data yang benar-benar sesuai dengan harapan masyarakat sehingga program-program Pemerintah bisa tepat sasaran. (rizkya)

Komentar atas Evaluasi Pelaksanaan PBDT Desa Sawahan

Agus 21 November 2016 11:40:46 WIB
Kok lama tidak ada berita ya?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM