Perkembangan Teknologi Informasi Sangat Pesat, Apakah Sudah Dirasakan Seluruh Masyarakat?

Riskianto, A.Md. 02 Desember 2016 10:25:41 WIB

Sawahan (SID) – Perkembangan teknologi informasi baru-baru ini menyebabkan kemudahan terhadap akses informasi. Media informasi berkembang luar biasa, komunikasi tak terbatas ruang dan waktu yang tentunya hal tersebut berdampak di berbagai aspek kehidupan di bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, pendidikan, teknologi, dan hampir seluruh bidang kehidupan. Perkembangan teknologi tersebut tentunya membawa dampak positif dan negatif.

Pemerintah Desa Sawahan tentunya berharap agar perkembangan teknologi informasi ini bisa membawa dampak positif untuk kemajuan masyarakat dan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat di wilayah di Desa Sawahan daripada dampak negatif yang muncul.

Namun, saat ini hal tersebut belum bisa tercapai sepenuhnya karena faktor wilayah dimana jangkauan internet untuk mengakses informasi belum bisa diterima di beberapa titik wilayah di Desa Sawahan. Beberapa titik tersebut diantaranya di sebagian besar wilayah Padukuhan Sawur, Jatisari bagian tengah, Plarung bagian barat, dan beberapa titik wilayah lainnya.

“Jangankan sinyal internet, untuk komunikasi seluler saja susah Pak” ungkap Supriyana, salah satu warga masyarakat Padukuhan Sawur. Surpiyana menambahkan bahwa masyarakat sudah mencoba layanan jaringan  yang ada, namun semuanya sama saja tidak bisa dijangkau.

Tidak hanya permasalahan jaringan internet saja, sebagian besar wilayah di Desa Sawahan juga tidak dapat menjangkau sinyal pemancar televisi nasional dengan antena biasa, sehingga lebih dari 80% masyarakat Desa Sawahan menggunakan antena parabola untuk bisa menikmati acara televisi nasional. Itupun tidak bisa menikmati acara siaran langsung pertandingan olaharaga seperti sepakbola dan tinju karena setiap acara siaran langsung olahraga tersebut sinyal langsung ditutup atau diblokir.

“Dulu tahun 2000an kebawah kami bisa menikmati acara olahraga, tapi sekarang yang notabene perkembangan teknologi luar biasa justru tidak bisa” terang Suranto, salah satu warga masyarakat Plarung menyampaikan keluhannya.

Warga masyarakat berharap agar perkembangan teknologi yang pesat ini bisa dinikmati secara menyeluruh. Harapannya ada perhatian bagi penyedia jaringan untuk menyediakan layanan yang bisa dijangkau di seluruh wilayah Desa Sawahan. (rizkya)

 

Sumber Foto: google.com

Komentar atas Perkembangan Teknologi Informasi Sangat Pesat, Apakah Sudah Dirasakan Seluruh Masyarakat?

Kodok 08 Desember 2016 02:24:55 WIB
sepertinya perlu dibangun tower pemancar supaya di wilayah desa sawahan bisa akses jaringan
Didin 04 Desember 2016 12:10:07 WIB
Ya hiburan rakyat semua sudah menjadi komersil sehingga mahal bagi masyarakat kecil
Toto 02 Desember 2016 13:40:15 WIB
Ya ya betul sekali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM