Evaluasi Pelaksanaan PBDT Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 28 Desember 2016 20:10:20 WIB

Sawahan (SID) – Pelaksanaan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) serentak yang dilaksanakan oleh Desa se Kabupaten Gunungkidul pada awal Oktober sampai dengan awal Desember 2016 merupakan inisiatif dan terobosan baru dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berkaitan dengan data kemiskinan.

PBDT yang dilakukan dengan penuh semangat  oleh Pemerintah Desa tentunya mempunyai harapan besar yaitu data yang tercipta valid dan faktual. Namun demikian proses pelaksanaan memang perlu dievaluasi kembali karena proses PBDT belum terlaksana secara maksimal.

Banyak Desa yang mengeluhkan pelatihan dan waktu yang terbatas serta kurangnya perencanaan yang matang. Memang harus diakui bahwa proses pelaksanaan PBDT juga terbilang ‘mendadak’ dimana Desa belum melaksanakan perencanaan sebelumnya. Tetapi kerja keras baik Pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah perlu diacungi jempol karena ini usaha ini merupakan murni perjuangan untuk mendapatkan data yang valid.

Dr. H. Immawan Wahyudi, M.H., Wakil Bupati dalam rapat koordinasi dan evaluasi PBDT di Kantor Bappeda Kabupaten Gunungkidul, Jumat (23/12) yang lalu menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap upaya Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, dan relawan yang telah berjuang mati-matian bahkan non budgeting untuk memperoleh data kemiskinan yang valid walaupun memang masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.

Hasil evaluasi yang dilakukan menjelaskan bahwa proses perbaikan data masih perlu dilaksanakan yaitu melengkapi data isian yang masing kosong. Diharapkan Pemerintah Desa dapat melengkapi isian data yang telah diinputkan apabila data tidak lengkap. Harapannya upaya ini menghasilkan data yang benar-benar sesuai di seluruh wilayah Kabupaten Gunungkidul utamanya di Desa Sawahan ini. (rizkya)

 

Sumber Foto: facebook.com/ferry wijayanto

Komentar atas Evaluasi Pelaksanaan PBDT Desa Sawahan

Mas Brow 29 Desember 2016 19:35:25 WIB
Welok koordinasi ama wabub.. semoga barokah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM