Prioritas Dana Desa untuk Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Riskianto, A.Md. 11 Januari 2017 11:53:10 WIB

Sawahan (SID) – Sejak digulirkannya Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN telah merubah paradigma Desa yang dahulu hanya sebagai objek pembangunan, saat ini telah menjadi subjek dari pembangunan.

Pemerintah telah mengatur prioritas penggunaan DD. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sendiri telah mengatur prioritas penggunaan DD  dalam Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 32 Tahun 2016 yang secara garis besar DD diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Pembangunan Desa yang dimaksud bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, kualitas hidup manusia, dan penanggulangan kemiskinan.

Pemerintah Desa Sawahan dalam merancang kegiatan yang didanai DD harus mengacu kepada Perbub tersebut. Kegiatan-kegiatan potensial di Desa Sawahan yang dapat dilaksanakan dalam bidang Pembangunan Desa antara lain: pengembangan Desa Siaga, pengelolaan dan pembinaan posyandu, paud, pembangunan jalan desa, jembatan desa, jalan usaha tani, pendirian dan pengembangan BUMDesa, penyertaan modal BUMDesa, pembangunan pasar desa, objek wisata, pengembangan ternak, pembangunan/rehab rtlh, gedung paud, jamban sehat dan sarana air bersih, fasilitas olahraga, serta insentif kader posyandu, kb, dan dukungan pendidikan paud.

Sedangkan prioritas di bidang pemberdayaan masyarakat desa diutamakan untuk penanggulangan kemiskinan dan peningkatan akses atas sumber daya ekonomi. Kegiatan yang dapat dilaksanakan di Desa Sawahan antara lain: peningkatan aparatur pemerintahan desa, dukungan kegiatan ekonomi, pembentukan dan peningkatan kapasitas Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pelatihan untuk LPMD dan masyarakat, serta dukungan terhadap kegiatan peningkatan kapasitas kelompok-kelompok masyarakat.

Harapannya DD yang akan dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan yang telah dirancang melalui APBDesa Sawahan dapat dijalankan dengan baik oleh Pemerintah Desa bersama dengan Lembaga Desa serta peran aktif masyarakat. Tentu muaranya adalah untuk meningkatkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sawahan. (rizkya)

 

Sumber Foto: Suprapto

Komentar atas Prioritas Dana Desa untuk Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Sam 11 Januari 2017 12:45:40 WIB
Jalan menuju dawe semoga jadi prioritas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM