Petani Desa Sawahan Panen Lebih Awal Dari Biasanya

Riskianto, A.Md. 15 Januari 2017 20:05:29 WIB

Sawahan (SID) – Para petani di Desa Sawahan pada awal tahun ini sudah memulai panen. Kali ini panen lebih awal dari panen biasanya yang jatuh pada bulan Februari atau Maret. Hal ini disebabkan oleh dampak kemarau basah yang menyebabkan para petani memulai tanam lebih awal sehingga panennya pun lebih awal.

Komoditi pertanian di sebagian besar wilayah Desa Sawahan adalah kacang tanah yang beberapa waktu lalu sudah dimulai panen walaupun produksi panen sebagian besar menurun akibat curah hujan yang tinggi. Saat ini para petani memasuki panen komoditi pokok yaitu padi gogo dan jagung.

Komoditi padi gogo lebih awal panen karena ditanam lebih awal di ladang tegal atau ladang non sawah sama halnya dengan komoditi jagung. Sedangkan untuk komoditi padi sawah saat ini belum memasuki panen karena memang proses tanam setelah padi gogo.

Setelah melakukan panen padi gogo dan jagung, petani langsung mengganti menanam tanaman baru untuk kali kedua. Memang petani di Desa Sawahan harus pintar-pintar mengatur waktu tanam agar tanah yang masih basah bisa segera dimanfaatkan.

Semoga panen kali ini membawa berkah bagi para petani di Desa Sawahan utamanya produksi tani yang meningkat serta nilai jual komoditi pertanian yang juga meningkat sehingga kesejahteraan petani yang merupakan 43% dari penduduk di Desa Sawahan dapat terwujud. (rizkya)

Komentar atas Petani Desa Sawahan Panen Lebih Awal Dari Biasanya

sumarno 16 Januari 2017 18:47:30 WIB
Sukuri aja panen yg ada semoga tambah berkah. Aamiin
yanto 16 Januari 2017 04:25:55 WIB
Wingi bali pas liburan neng ngalas ngarit lihat tanduran ra pdho dadi
Lek P 15 Januari 2017 20:36:06 WIB
kangen ngarit dek jaman cilik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM