Gotong-Royong Masyarakat Padukuhan Sawur Membantu Sesama

Riskianto, A.Md. 16 Januari 2017 13:26:51 WIB

Sawahan (SID) – Beberapa waktu yang lalu dua keluarga yaitu keluarga Sumardi dan Kusyono di Padukuhan Sawur terpaksa diungsikan sebagai antisipasi dampak longsor akibat tanah bengkak di bangunan tempat tinggalnya.

Rumah milik keluarga tersebut juga dibongkar dan diselamatkan ke tempat yang lebih aman oleh masyarakat di Padukuhan Sawur dan sekitarnya. Sampai saat ini keluarga Sumardi dan Kusyono mengungsi ke tempat keluarganya yang juga berada di Padukuhan Sawur.

Saat ini masyarakat Padukuhan Sawur bergotong-royong membantu ‘batur’ atau membuatkan tempat untuk didirikan rumah 2 keluarga tersebut. Kesadaran masyarakat untuk membantu ‘gugur gunung’ begitu luar biasa. Sejak 3 hari terakhir dimulai hari Jumat kemarin dilaksanakan kerja bakti secara berturut-turut 3 RT di Padukuhan Sawur.

Dukuh Sawur, Supriyana mengungkapkan bahwa gugur gunung kali ini dilaksanakan untuk meratakan permukaan tanah supaya bisa didirikan bangunan rumah. Gugur gunung tersebut dilaksanakan secara bergilir setiap RT di 3 RT Padukuhan Sawur. Harapannya korban dari dampak bencana tersebut segera mendapatkan tempat berlindung dan kembali dapat hidup bermasyarakat seperti semula.

Hal tersebut menunjukkan bahwa gotong-royong masih menjadi budaya baik di Padukuhan Sawur dan Desa Sawahan. Harapannya budaya tersebut dapat dilestarikan sebagai nilai-nilai luhur yang dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. (rizkya)

 

Sumber Foto: Facebook.com/Gito

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM