Tindak Lanjut Hasil MMD Bidang Kesehatan

Riskianto, A.Md. 22 Januari 2017 08:39:36 WIB

Sawahan (SID) – Bulan Agustus 2016 yang lalu Pemerintah Desa Sawahan bersama dengan UPT Puskesmas Ponjong I melakukan Survey Mawas Diri (SMD) yang melibatkan unsur masyarakat dalam memetakan permasalahan-permasalahan kesehatan di Desa Sawahan.

Hasil dari SMD kemudian dibawa dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) menyimpulkan bahwa kasus tertinggi yang menjadi permasalahan pokok di Desa Sawahan adalah masalah tidak tersedianya jamban yang memenuhi standar kesehatan. Kebanyakan masyarakat masih menggunakan WC Cemplung yang tidak memenuhi standar kesehatan.

Menindaklanjuti hasil MMD tersebut, pada tahun anggaran 2017 ini Pemerintah Desa Sawahan bertekad untuk melaksanakan kegiatan jambanisasi. Kegiatan tersebut berwujud bantuan stimulan pembangunan WC yang memenuhi standar atau WC yang menggunakan Closet Leher Angsa. Riskianto, A.Md., Kasi Pelayanan mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Desa melakukan tahapan-tahapan pelaksanaan kegiatan. Kegiatan awal adalah pengumpulan data keluarga berpenghasilan rendah yang selanjutnya akan diverifikasi oleh Tim.

Pada tahun anggaran 2017 ini, Pemerintah Desa berencana mengalokasikan dana stimulan untuk 20 keluarga berpenghasilan rendah yang tersebar di 10 Padukuhan di Desa Sawahan. “Setiap Padukuhan akan kita ambil 2 keluarga, kemudian akan kami verifikasi dan setelah memenuhi kriteria akan kita tetapkan sebagai calon penerima stimulan jambanisasi ini” jelas Riski.

Riski berharap agar setiap tahun bisa melaksanakan kegiatan tersebut supaya permasalahan Jamban bisa segera teratasi. Riski juga berharap agar kesadaran masyarakat terkait dengan jamban juga ditingkatkan. “Banyak masyarakat yang mampu membuat jamban yang memenuhi standar kesehatan, tetapi enggan membangun dengan berbagai macam alasan, padahal itu adalah salah satu kebutuhan dasar” pungkas Riski.

 

Sumber Foto: beritaekspress.com

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM