Pengabdian Kader Kesehatan Desa, Bersinergi Demi Terwujudnya Desa Sehat

Riskianto, A.Md. 26 Januari 2017 09:18:38 WIB

Sawahan (SID) – Rabu (25/01) siang puluhan Kader Kesehatan Desa Sawahan berkumpul untuk melaksanakan kegiatan rutin seitap bulan yaitu koordinasi Kader Kesehatan untuk membahas program-program di bidang Kesehatan baik dari Pemerintah Desa maupun dari UPT Puskesmas Ponjong I.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan pertama di tahun 2017. Koordinasi yang dilaksanakan oleh Kader Desa Sawahan ini sangat baik terbukti secara konsisten Kader Kesehatan di Desa Sawahan ini secara rutin melaksanakan koordinasi setiap bulan. Biasanya dilaksanakan setiap bulannya pada tanggal 24. Namun pada bulan Januari ini dilaksanakan tanggal 25 karena bersamaan dengan jadwal Puskesmas Keliling pada tanggal 24 Januari kemarin.

Kader Kesehatan merupakan ujung tombak dari program-program Pemerintah di bidang kesehatan. Kader merupakan personil yang yang paling dekat dan bersinggungan langsung dengan masyarakat. Keberadaan Kader Kesehatan sangat dirasakan manfaatnya oleh Pemerintah maupun masyarakat. Pemerintah dapat menjalankan program-program strategis di bidang kesehatan, sedangkan masyarakat dapat menikmati program-program Pemerintah melalui Kader Kesehatan.

Namun keberadaan Kader yang sangat vital tersebut sejauh ini belum mendapatkan perhatian penuh dari Pemerintah. Tidak sedikit kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Kader-Kader Kesehatan sifatnya berjuang. Namun kesetiaan dan pengabdian Kader Kesehatan utamanya di Desa Sawahan begitu luar biasa.

Pemerintah Desa melalui Kasi Pemerintahan Desa, Riskianto, A.Md. mengakui bahwa Pemerintah Desa belum bisa memberikan sesuai dengan kerja keras dari Kader-kader Kesehatan Desa Sawahan. Hal ini terjadi karena memang aturan standar honorarium dan insentif yang diberikan sudah diatur oleh Pemerintah Daerah sehingga Pemerintah Desa tidak dapat melanggar aturan tersebut.

Sebenarnya Pemerintah Desa pada tahun 2017 ini sudah berupaya untuk meningkatkan hak-hak dari para Pahlawan Kesehatan tersebut, namun karena memang secara aturan sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah, maka Pemerintah Desa tidak dapat melakukannya. Semoga pengabdian dan kesetiaan dari para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut dapat menjadi berkah bagi mereka serta berkah bagi masyarakat Desa Sawahan sehingga harapan ‘Desa Sawahan Desa Sehat’ dapat terwujud. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM