Desa Sawahan Bagian Dari Pengembangan Smart Village

Riskianto, A.Md. 31 Januari 2017 21:16:09 WIB

Sawahan (SID) – Desa Sawahan telah menerapkan teknologi informasi untuk kegiatan Pemerintahan Desa semenjak 8 bulan terakhir. Partisipasi dan antusiasme warga terhadap penerapan teknologi informasi tersebut begitu besar, terbukti semenjak 8 bulan terakhir website Desa Sawahan telah dikunjungi lebih dari 80.000 pengunjung.

Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan teknologi informasi di Desa Sawahan perlu dikembangkan. Seiring dengan semangat perwujudan dari “Gunungkidul  Smart Village”, Desa Sawahan ditunjuk menjadi salah satu perwakilan Desa piloting bersama dengan 3 Desa lainnya yaitu Desa Karangmojo Kecamatan Karangmojo, Desa Putat Kecamatan Patuk, dan satu Desa yang telah dikembangkan menjadi Desa Akuntabilitas Publik sebelumnya yaitu Desa Girisuko Kecamatan Panggang.

Tidak mudah tentunya untuk menjadi bagian dari pengembangan “Smart Village” di Kabupaten Gunungkidul. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan Pemerintah Desa sebagai modal awal perwujudan “Smart Village” diantaranya regulasi, kelembagaan, dan infrastruktur yang harus dipetakan permasalahan-permasalahan dan pemecahannya.

Desa Sawahan sendiri masih dalam tahapan-tahapan pengembangan untuk mewujudkan “Smart Village”. Optimaliasasi pengelolaan pengetahuan Pemerintah Desa merupakan basis dari pengembangan proyek tersebut  yang saat ini sudah mulai dilaksanakan. Diharapkan partisipasi aktif masyarakat Desa Sawahan untuk turut ambil bagian dalam pengembangan proyek tersebut agar cita-cita tersebut dapat segera terwujud. Partisipasi dapat ditunjukkan dengan turut memberikan  kontribusi terhadap pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang menjadi sel-sel perwujudan dari “Smart Village”. So,,Let’s come running. (rizkya)

Komentar atas Desa Sawahan Bagian Dari Pengembangan Smart Village

Abdi 06 Februari 2017 22:04:51 WIB
Semoga tambah maju desaku tercinta
Jojo 02 Februari 2017 23:42:15 WIB
Hebat desa sawahan, kok desa tetangga tidak menyusul ya?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM