Perhatikan Prosedur Pindah Kependudukan Yang Benar

Riskianto, A.Md. 01 Februari 2017 10:39:03 WIB

Sawahan (SID) – Pemerintah Desa Sawahan tidak pernah bosan menghimbau warga masyarakat Desa untuk tertib administrasi kependudukan, mulai dari pengurusan akta kelahiran, kk, e-ktp, pengurusan akta kematian, dan sebagainya. Tidak kalah penting prosedur pindah kependudukan bagi warga pendatang atau warga pergi pindah.

Khusus untuk masyarakat pindah datang/pergi, Pemerintah Desa Sawahan melalui Kasi Pemerintahan, Bowo Sutrisno menghimbau agar masyarakat yang melakukan pindah kependudukan datang/pergi melakukan prosedur yang sesuai. Masyarakat perlu memperhatikan bahwa NIK (Nomor Induk Kependudukan) tidak akan berubah saat melakukan pindah datang/pergi di seluruh wilayah Indonesia.

NIK tersebut sudah terekam secara nasional sehingga kemanapun warga melakukan pindah kependudukan, NIK tersebut tidak akan berubah. Belajar dari pengalaman salah satu warga Desa Sawahan yang merasa repot karena dalam pengurusan pindah terdapat kesalahan prosedur. Surat Pindah yang seharusnya terekam di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tujuan tidak ditindaklanjuti, sehingga mendapatkan NIK baru. Namun, pada saat akan melakukan perekaman e-KTP dengan NIK baru tersebut yang bersangkutan tidak dapat melakukan perekeman karena sudah terekam di Disdukcapil asal.

Hal tersebut tentunya harus diketahui masyarakat luas agar masyarakat yang melakukan pindah penduduk dapat menindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Mudah-mudahan informasi penting ini dapat diterima dan dipahami oleh seluruh masyarakat Desa Sawahan agar pada saat menindaklanjuti atau mengurus pindah tidak ada kendala di kemudian hari. (rizkya)

 

Sumber: www.beres.id

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM