Masyarakat Dihimbau Belajar dari Kejadian Kebakaran di Padukuhan Sawur

Riskianto, A.Md. 02 Februari 2017 23:07:44 WIB

Sawahan (SID) – Rabu malam (01/02) Padukuhan Sawur gempar akibat terjadinya kebakaran yang menimpa rumah Kartim (46) warga Padukuhan Sawur RT 02 RW 01. Kebakaran bermula pada saat listrik padam, pemilik rumah menyalakan lampu teplok diatas gerobok tempat menyimpan bahan pangan.

Pemilik rumah tidak menyadari lampu teplok tersebut jatuh dan membakar bahan pangan dan menjalar ke dinding gebyok yang mudah terbakar yang kemudian membesar sampai atap. Pemilik rumah baru menyadari rumahnya terbakar setelah mendengar letupan keras pada atap dan seng. Beruntung api dapat segera dipadamkan oleh warga sekitar. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, hanya sebagaian atap pada sisi kanan dan belakang yang terbakar beserta kayu gebyok di sisi kanan yang menjadi sekat rumah. Akibat kebakaran tersebut pemilik rumah mengalami kerugian jutaan rupiah.

Mendengar informasi tersebut, Kepala Desa Sawahan, Suprapto langsung meninjau ke lokasi kejadian disusul oleh petugas dari Polsek Ponjong dan Perangkat Desa. Di tengah kunjungannya bersama dengan Perangkat Desa Sawahan, Suprapto mengungkapkan keprihatinannya atas kejadian tersebut. Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Desa Sawahan juga memberikan sedikit bantuan bahan makanan untuk korban kebakaran. “Tidak seberapa tetapi hanya sebagai wujud kepedulian atas kejadian ini” ungkap Suprapto.

Saat ini rumah Kartim sudah kembali normal setelah warga bergotong-royong membantu memasang atap dan merapikan sisa-sisa kebakaran. Suprapto menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menggunakan lampu penerangan berupa lilin, lampu teplok atau jaman dulu disebut dimar, apalagi diletakkan di dekat bahan yang mudah terbakar. Suprapto menambahkan bahwa saat ini sudah tersedia alat penerangan emergency yang lebih murah seperti senter atau lampu emergency yang memang lebih aman digunakan.

Semoga kejadian kebakaran di rumah Kartim tersebut menjadi pelajaran bagi seluruh warga masyarakat Desa Sawahan supaya lebih berhati-hati. (rizkya)

 

Sumber Foto: infogunungkidul.com, suprapto, agus purwanta, rizkya

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM