Capaian Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) Desa Sawahan Tahun 2016

Riskianto, A.Md. 05 Februari 2017 12:24:12 WIB

Sawahan (SID) – Faktor perilaku dalam dunia kesehatan ternyata memiliki andil 30-35% terhadap derajat kesehatan. Perilaku memiliki dampak cukup besar terhadap kesehatan sehingga diperlukan berbagai upaya untuk membudayakan perilaku hidup sehat. Salah satu program yang dilaksanakan Pemerintah Desa Sawahan adalah program pengamatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Terdapat beberapa tatanan PHBS diantaranya Tatanan Rumah Tangga, Tempat Pendidikan, Tempat Ibadah, Sarana Kesehatan, dan Tempat Kerja. Pada tahun 2016 yang lalu, Kader Kesehatan yang didampingi oleh Fasilitator dari UPT Puskesmas Ponjong I melakukan pendataan PHBS Tatanan Rumah Tangga pada masyarakat. Pendataan tersebut bertujuan untuk melihat melihat capaian masyarakat terkait PHBS sebagai dasar menentukan program kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Indikator-indikator PHBS tersebut antara lain: 1. Persalinan ditolong oleh Tenaga Kesehatan, 2. Memberi Bayi Asi Ekslusif, 3. Menimbang bayi dan balita secara teratur, 4. Menggunakan Air Bersih, 5. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, 6. Menggunakan Jamban Sehat, 7. Memberantas jentik nyamuk, 8. Makan buah dan sayur setiap hari, 9. Melakukan aktivitas setiap hari, dan 10. Tidak Merokok di dalam rumah.

Capaian hasil PHBS ditentukan menjadi 4 strata, yaitu Strata 1 untuk 1-3 indikator lulus, Strata 2 untuk 4-6 lulus, Strata 3 untuk 7-9 lulus, dan Strata 4 untuk 10 indikator lulus. Dari 60 kk sample yang didata setiap Padukuhan menunjukkan bahwa capaian PHBS untuk Desa Sawahan sebanyak 71,22% pada Strata 3 dan 27% capaian Starata 4.

Indikator kuat yang belum tercapai pada PHBS tatanan rumah tangga yaitu  belum tersedianya jamban sehat serta masih banyaknya rumah tangga yang merokok di dalam rumah. Hal tersebut sesuai dengan hasil SMD dimana jamban menjadi pokok permasalahan dalam masyarakat Desa Sawahan. Menyikapi permasalahan tersebut, Pemerintah Desa segera mengambil kebijakan untuk melaksanakan kegiatan jambanisasi yang direncanakan direalisasikan secara bertahap mulai tahun 2017 ini.

Semoga program-program kesehatan di Desa Sawahan dapat berjalan dengan baik dengan partisipasi masyarakat dan stake holder sehingga perwujudan Desa Sawahan Desa Sehat dapat segera tercapai. (rizkya/rosa)

 

Sumber Foto: humas.patikab.go.id

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM