Pelatihan Pengelolaan Dapur Umum BPBD DIY di Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 08 Februari 2017 21:53:45 WIB

Sawahan (SID) – Sebanyak 30 relawan Desa Sawahan selama dua hari ini, 7-8 Februari 2017 mendapatkan pelatihan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan tersebut merupakan program dari BPBD DIY gelombang I di awal tahun 2017 ini.

Desa Sawahan merupakan salah satu wilayah Kecamatan Ponjong yang rawan terhadap bencana. Ada beberapa titik rawan bencana  diantaranya pada wilayah Padukuhan Jatisari dan Sawur sehingga pada gelombang I, BPBD DIY melaksanakan kegiatan ‘Pelatihan Pengelolaan Dapur Umum untuk Penanggulangan Bencana’ di Desa Sawahan sebelum dilaksanakan di wilayah lain di Kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas relawan dalam penanggulangan bencana. Peserta yang mengikuti merupakan relawan Desa Sawahan yang sebelumnya juga pernah mendapatkan pelatihan pada penanganan dan penanggulangan bencana pada tahun 2015 yang lalu.

Selama dua hari BPBD DIY memberikan pelatihan kepada para peserta. Kegiatan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu pemaparan materi di hari pertama, dan praktik di hari kedua. Taryono, salah satu nara sumber dari BPBD DIY menyampaikan bahwa pelatihan tersebut bertujuan agar para relawan mempunyai bekal pengetahuan dalam menangani bencana, khususnya dalam pengelolaan dapur umum. “Mungkin materi ini biasa bagi para peserta, namun ada pengetahuan-pengetahuan yang perlu diketahui oleh para peserta agar mampu dalam mengelola dapur umum untuk penanggulangan bencana” jelas Taryono.

Suprapto, Kepala Desa Sawahan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Suprapto berharap agar para relawan Desa Sawahan yang mengikuti pelatihan dapat meningkatkan kapasitas kemampuannya dalam penanganan dan penanggulangan bencana sehingga siap pada saat dibutuhkan di wilayah Desa Sawahan maupun diluar Desa Sawahan. (toni setiawan/rizkya)

 

Foto: Toni Setiawan, Dwi Yuliana

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM