Kunjungan Kemenko PMK dan Perwakilan Filipina ke Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 13 Februari 2017 09:38:28 WIB

Sawahan (SID) – Hari Minggu (12/02) Desa Sawahan mendapat kunjungan dari Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama perwakilan dari Filipina.

Kunjungan tersebut sebagai tindak lanjut kesepakatan Indonesia dan Filipina dalam kegiatan ASEAN  Regional Programme for Capacity Development for Enhance Accountability of Local Governments in Delivering Social Protection Programs through Communitiy-Driven Development di Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan dengan mengunjungi 2 Desa di Kabupaten Gunungkidul yaitu Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk dan Desa Sawahan Kecamatan Ponjong untuk melihat praktik baik pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di lapangan. Sebanyak 3 orang perwakilan dari Filipina yaitu Mr. Tomas A. Cabuenos Jr, Mrs. Ma  Angeli B. Sabalo-Nunez MD, dan Mrs. Ninosa A. Nuque bersama dengan beberapa personil dari Kemenko PMK yaitu Rudi Hermawan, Dunov Manalu, Sahal Wahono, dan Dewi Nova akan melihat langsung praktik-praktik baik yang dilaksanakan oleh Desa Sawahan.

Pada kunjungan tersebut  Tim dari Filipina dan Kemenko PMK disambut oleh Pemerintah Desa Sawahan diwakili Dwiyono, Sekretaris Desa, Bowo Sutrisno, Kasi Pemerintahan, dan Riskianto, A.Md., Kasi Pelayanan karena Kepala Desa Sawahan, Suprapto berhalangan hadir pada kesempatan tersebut.

Tim dari Filipina dan Kemenko PMK mendengar langsung penjelasan Bowo Sutrisno yang memaparkan terkait dengan Program PNPM yang dilaksanakan Desa Sawahan mulai tahun 2004 s.d 2014. Bahkan Tim dari Filipina dan Perwakilan Kemenko PMK melihat langsung hasil program PNPM yang sampai saat ini masih dimanfaatkan oleh masyarakat. Mr. Tomas merasa tertarik karena program tersebut melibatkan swadaya dan partisipasi masyarakat.

Selain itu Tim dari Filipina juga mendengar penjelasan terkait dengan penggunaan Dana Desa yang praktiknya hampir sama dengan PNPM. Hal yang membuat tertarik Tim dari Filipina adalah pemanfaatan teknologi informasi sebagai media komunikasi publik yang dipraktikkan oleh Desa Sawahan.

Selama ini Sistem Informasi Desa (SID) sudah terpasang di 144 Desa di Kabupaten Gunungkidul, namun SID yang dimiliki Desa Sawahan memiliki perbedaan dari SID pada umumnya dengan menampilkan kolom khusus untuk ‘Aspirasi Warga’ yang memungkinkan masyarakat dapat menyampaikan aduan, kritik saran, opini, dan pertanyaan terkait dengan kegiatan Pemerintahan Desa. Selain itu, keterbatasan yang ada di Desa Sawahan tidak menjadi penghalang Pemerintah Desa untuk berkembang. Terbukti progress yang cukup baik dimana lebih dari 90.000 visitor dalam 9 bulan terakhir.

Tim dari Filipina dan Kemenko PMK mengapresiasi atas praktik-praktik baik yang telah dilakukan di Desa Sawahan. Semoga kunjungan perwakilan dari Kemenko PMK dan Tim dari Filipina ini menjadi satu motivasi bagi Pemerintah Desa Sawahan untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Partisipasi dan dukungan masyarakat tentunya menjadi yang paling penting dalam hal ini. ‘Ayo Semangat Mbangun Desa.. “’. (rizkya)

Komentar atas Kunjungan Kemenko PMK dan Perwakilan Filipina ke Desa Sawahan

Enik Tri Lestari 13 Februari 2017 17:14:38 WIB
Waaoo... Great
Elang 13 Februari 2017 17:14:01 WIB
Lanjutkan Pak Ton
Lekp 13 Februari 2017 13:09:51 WIB
Hebat desaku tercinta, lanjutkan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM