Upaya Penanggulangan Kemiskinan dari Pemerintah Desa

Riskianto, A.Md. 18 Februari 2017 11:00:16 WIB

Sawahan (SID) – Kemiskinan merupakan permasalahan pokok yang harus ditanggulangi. Data BPS menunjukkan bahwa sejak tahun 2015 Gunungkidul menempati posisi teratas tingkat kemiskinan di DIY. Pemerintah Pusat dan Daerah terus berupaya untuk terus menekan angka kemiskinan melalui program-program penanggulangan kemiskinan.

Pemerintah Desa Sawahan komitmen untuk turut menjadi bagian dalam penanggulangan kemiskinan, khususnya di Desa Sawahan. Sejak tahun 2016 Pemerintah Desa Sawahan telah membentuk TKPK Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan) Desa yang terdiri dari Perangkat Desa dan partisipasi masyarakat melalui Musyawarah Padukuhan.

Sebenarnya langkah strategis yang ditempuh Pemerintah Desa dalam penanggulangan kemiskinan sudah ditempuh sebelum terbentuk TKPK Desa. Salah satu contoh program yang berhasil diraih adalah program bedah rumah melalui kegiatan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementrian Pupera pada tahun 2015 yang lalu.

Lebih dari 90% rumah tidak layak huni dibabat habis program tersebut. Desa Sawahan merupakan satu-satunya Desa yang berhasil mengentaskan 216 rumah tidak layak huni di Kecamatan Ponjong. Partisipasi dan swadaya masyarakat begitu luar biasa, terbukti dengan dana stimulan Rp. 15.000.000,00 per MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) dapat terbangun rumah yang layak huni.

Pemerintah Desa terus berupaya untuk terus meraih program-program strategis penanggulangan kemiskinan yang ditawarkan melalui Anggaran APBD maupun APBN. Pada tahun 2017 ini Pemerintah Desa merencanakan program jambanisasi yang didanai melalui APBD Desa. Selain itu perbaikan data kemiskinan terus diupayakan melalui Pemutakhiran Basis Data Terpadu agar data kemiskinan valid sesuai dengan kondisi masyarakat.

Suprapto, Kepala Desa Sawahan berharap agar program-program penanggulangan kemiskinan dapat terus dilaksanakan secara fokus dan tepat sasaran, sehingga angka kemiskinan khususnya di Desa Sawahan ini dapat ditekan. Partisipasi dan dukungan Lembaga Desa dan masyarakat menjadi point penting bagi Pemerintah Desa dalam mengambil kebijakan-kebijakan program penanggulangan kemiskinan. Jadi, mari kita ambil bagian dalam upaya yang baik ini. (rizkya)

 

Sumber Foto: Pemeriksaanpajak.com

Komentar atas Upaya Penanggulangan Kemiskinan dari Pemerintah Desa

Sarno 20 Februari 2017 20:46:28 WIB
Wah tetangga desa sampe iri lihat bedah rumah Desa Sawahan
Galuh fitriastuti 20 Februari 2017 00:25:52 WIB
Sip lnjutkn

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM