Harapan Besar dari Proses Pemutakhiran Basis Data Terpadu Kemiskinan

Riskianto, A.Md. 23 Februari 2017 20:14:51 WIB

Sawahan (SID) – Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Data Kemiskinan melalui Analisis Kemiskinan Partisipatif Desa dengan aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) merupakan terobosan Kabupaten Gunungkidul dalam memperbaiki data kemiskinan yang selama ini sering menjadi permasalahan.

 

Upaya Kabupaten Gununatagkidul tersebut telah dikonsultasikan kepada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan akan diintegrasikan dalam data nasional pada semester I Tahun 2017 ini. Terkait dengan hal tersebut, Desa diharapkan melakukan kroscek data yang telah diinput dan menyelesaikan perbaikan PBDT sampai dengan akhir bulan Februari 2017 ini.

 

PBDT ini merupakan pemutakhiran data BDT Tahun 2015 yang bersumber dari TNP2K. Pemutakhiran menggunakan model Analisis Kemiskinan Partisipatif melalui Musdus dan Musdes yang kemudian diolah melalui Analisis Data pada aplikasi Sistem Informasi Desa secara online. Data hasil input tersebut nantinya akan diolah TNP2K yang bermuara pada program-program penanggulangan kemiskinan nasional.

 

Mengingat pentingnya data tersebut, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Bappeda Kabupaten Gunungkidul menghimbau agar Desa benar-benar memperhatikan validitas data maupun kesesuaian penginputan data. Waktu yang tersisa ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengkroscek dan memperbaiki data yang telah diinputkan.

 

Harapan besar seluruh masyarakat tentunya data yang menjadi objek dari program-program Pemerintah Pusat dan Daerah dapat benar-benar tepat sasaran sehingga kemiskinan di Indonesia, utamanya di Kabupaten Gunungkidul benar-benar dapat ditanggulangi. Semua berawal dari data yang valid. Mari kita kawal bersama. (rizkya)

 

Sumber Foto: kabarrakyat.co

Komentar atas Harapan Besar dari Proses Pemutakhiran Basis Data Terpadu Kemiskinan

Waluyo 24 Februari 2017 17:06:10 WIB
Smg dgn ada pbdt 2017 dta bs lbh akurat dan tpt sasaran sehinggga tdk terjadi masalah sosial baru

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM