Sosialisasi Pembentukan Kelompok Sadar Gender Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 03 Maret 2017 15:19:42 WIB

Sawahan (SID) – Senin (27/02) dilaksanakan sosialisasi sekaligus pembentukan kelompok Sadar Gender Desa Sawahan yang dihadiri oleh Tim dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPM & D) Kabupaten Gunungkidul serta Camat Ponjong, Susila Marwanta, S.Sos.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait dengan kesetaraan gender kepada peserta yang terdiri dari Perangkat Desa dan 10 pasangan perwakilan dari masing-masing Padukuhan di Desa Sawahan.

Terdapat tiga hal pokok kegiatan tersebut yaitu penjelasan mengenai kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan yang mempunyai peran hak dan kewajiban yang sama dalam berbagai aspek kehidupan walaupun secara kodrat memang berbeda sehingga tercipta keadilan. Selain itu, kegiatan tersebut memberikan pemahaman  kepada masyarakat terhadap fungsi keluarga dalam pembangunan keluarga sejahtera.

Fungsi-fungsi keluarga yang dipaparkan diantaranya fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, fungsi reproduksi, sosial pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan. 

Terakhir poin penting dari kegiatan tersebut yaitu pembentukan kelompok sadar gender Desa Sawahan yang selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Desa untuk ditetapkan menjadi kelompok aktif dalam rangka meningkatkan peran gender dalam pembangunan keluarga dan masyarakat. (rizkya)

Foto: Triyanto

Komentar atas Sosialisasi Pembentukan Kelompok Sadar Gender Desa Sawahan

Ayok 03 Maret 2017 16:11:15 WIB
Desa Sawahan semoga tambah maju

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM