Pengembangan ‘Smart Village’ Menjadi Bagian dari Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

Riskianto, A.Md. 11 Maret 2017 15:39:28 WIB

Sawahan (SID) – Pelayanan publik yang berkualitas merupakan hak dari setiap warga masyarakat. Masyarakat mempunayi hak mengadu terhadap ketidaksesuaian pelayanan publik. Pengaduan tersebut perlu sistem pengelolaan agar substansi dari pengaduan tersebut dapat terproses dengan baik dan menghasilkan solusi yang baik pula. 

Dalam mendorong partisipasi aktif warga masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap program-program Pemerintah dilaksanakan Workshop Integrasi Pengelolaan Pelayanan Pengaduan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menghadirkan lintas sektor dari berbagai Dinas dan instansi di wilayah kerja Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten/Kota pada Rabu (08/03) kemarin. 

Kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari Idea Yogyakarta yang turut menghadirkan tenaga ahli Deputi 1 Kantor Staf Presiden, Gibran Sesunan untuk memberikan materi terkait integrasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang sebelumnya sudah dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan Kulon Progo. 

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sudah mengembangkan integrasi layanan aduan dengan LAPOR! serta terus mengembangkan Gunungkidul Smart Village. Desa Sawahan sendiri yang turut hadir pada kesempatan tersebut sebagai bagian dari pengembangan ‘Smart Village’ sebenarnya sudah melakukan inovasi kolom pada website desa yang memungkinan masyarakat dapat menyampaikan aspirasi, opini, maupun pengaduan yang tentunya akan terus dikembangkan secara optimal.

Semoga progress dari integrasi pengelolaan layanan pengaduan tersebut dapat dioptimalkan sehingga dapat mendorong warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan di segala aspek kehidupan masyarakat. (rizkya)

 

Foto: Hernindya Wisnuadji

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM