Fasilitasi Kecamatan Sehat di Desa Kantong Kemiskinan

Riskianto, A.Md. 18 Maret 2017 09:58:46 WIB

Sawahan (SID) – Kamis (16/03) Pemerintah Desa mendapatkan penyuluhan di bidang kesehatan terkait dengan upaya peningkatan penyehatan lingkungan dalam penggerakan Kecamatan Sehat yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan DIY di aula UPT Puskesmas Ponjong I.

Kegiatan tersebut merupakan agenda Dinas Kesehatan DIY untuk memfasilitasi Kecamatan Sehat di lokasi kantong kemiskinan guna menggali potensi penyelesaian permasalahan kesehatan di Desa.

Desa Sawahan yang mempunyai tipologi Desa Tertinggal dan mempunyai tingkat kemiskinan tinggi di Kecamatan Ponjong mendapat kesempatan fasilitasi tersebut. Banyak permasalahan di bidang kesehatan terdapat di Desa Sawahan yang menjadi PR bagi Pemerintah dan masyarakat Desa Sawahan. Pemerintah memberikan intervensi kepada pemangku kepentingan di Desa Sawahan untuk merumuskan langkah-langkah yang akan diambil dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan rembug kerja yang memetakan permasalahan-permasalahan kesehatan di Desa Sawahan diantaranya masih tingginya angka jamban tidak sehat, perilaku tidak sehat, rumah tidak sehat, permasalahan ketersediaan air yang sehat, dan permasalahan lainnya. Selain memetakan permasalahan kesehatan dilaksanakan juga rembug kerja untuk menyepakati langkah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Harapannya kegiatan tersebut menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Desa Sawahan sebagai kebutuhan dasar dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat Desa sehingga predikat Desa tertinggal dan Miskin bisa dirubah. Desa kita tertinggal dan miskin? (rizkya)

 

Komentar atas Fasilitasi Kecamatan Sehat di Desa Kantong Kemiskinan

Lekp 19 Maret 2017 06:52:13 WIB
Desa Sawahan tertinggal bagaimana dgn Desa lainnya?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM