Galeri Batu Mulia Menjadi Representasi Potensi Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 05 April 2017 13:46:53 WIB

Sawahan (SID) – Setelah Tim  Evaluasi Perkembangan Desa 2017 meresmikan Gedung Paud Kusuma Bangsa dan mengevaluasi bidang kesehatan, tim melanjutkan evaluasi untuk potensi ekonomi yang terpusat di Galeri Showroom Batu Mulia yang dibangun dari dana hibah dan diresmikan langsung oleh Sri Sultan HB X pada tahun 2015 yang lalu.

Batu mulia yang merupakan potensi besar Desa Sawahan dipamerkan. Walaupun trend pasar menurun, para pengrajin inovatif untuk membuat komoditi baru yang sebelumnya hanya berupa kerajinan cincin batu akik, namun saat ini pengrajin membuat inovasi baru dari kerajinan batu mulia yang dipadukan dengan kerajinan kayu serta tanaman bonsai sehingga membentuk ornamen yang sangat memukau Tim Evaluasi Perkembangan Desa.

Selain batu mulia, terdapat beberapa potensi ekonomi yang juga dipamerkan di Galeri tersebut diantaranya industri makanan ringan Bagaskoro dari Jatisari, Bakpia Pathok Plarung, Es Duren Plarung, industri gerabah Sawur, dan industri kerajinan bambu dari Sambirejo, serta kerajinan kayu dan ukir kayu dari Padukuhan Jatisari. Bahkan tim merasakan duduk santai di kursi goyang yang merupakan salah satu komoditi kerajinan kayu.

Di Galeri Batu Mulia tersebut juga ditampilkan pentas kelompok campursari asli Desa Sawahan Mustika Jati dari Padukuhan Jatisari yang sangat menghibur Tim dan Masyarakat, bahkan Ketua Tim, Sudjoko, S.Sos, M.Si juga turut tampil bernyanyi di atas panggung.

Di bidang pemberdayaan, Tim disuguhi bazar oleh Forum Anak Desa Sawahan serta pameran batik dan kuliner hasil karya dari anak-anak peserta didik SMP 3 Ponjong sehingga memantapkan potensi Desa Sawahan dalam membangun Desa.

Setelah Tim selesai mengevaluasi potensi-potensi Desa di bidang ekonomi dan pemberdayaan, Tim melanjutkan evaluasi untuk bidang keagamaan di masjid paripurna yaitu Masjid Al-Qoir yang pernah didatangi Ibu Bupati, Hj. Badingah, S.Sos pada safari tarawih kabupaten tahun 2015 yang lalu.

Belum selesai sampai disini, masih ada kegiatan utama yang membuat Tim terpesona, kegiatan apa itu? Tunggu artikel berikutnya. (rizkya)

Foto: Triyanto, Tri Setiawan

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM