Camat Ponjong: Desa Sawahan Tertinggal & Rawan Kemiskinan?

Riskianto, A.Md. 06 April 2017 20:36:37 WIB

Sawahan (SID) – Desa Sawahan secara tipologi data yang diterima Kecamatan Ponjong merupakan desa tertinggal yang juga rawan kemiskinan. Tingkat kemiskinan berdasarkan data yang dikeluarkan BPS memang meningkat. Jumlah keluarga yang mendapatkan alokasi raskin/rastra pada tahun 2016 sebanyak 858 keluarga, sedangkan pada tahun 2017 ini alokasi meningkat 3,03% menjadi 884 keluarga.

Hal ini juga disinggung Camat Ponjong, Susila Marwanta, S.Sos dalam sambutannya pada acara Evaluasi Perkembangan Desa tingkat Kabupaten 2017 di Desa Sawahan kemarin (04/04). Camat mengungkapkan bahwa informasi yang diterima pada rapat koordinasi di Kabupaten menyebutkan 2 Desa rawan kemiskinan yang salah satunya adalah Desa Sawahan.

Camat mengungkapkan bahwa Desa Sawahan sebenarnya sudah berupaya melakukan kegiatan terhadap penanggulangan kemiskinan. Salah satu contoh adalah program rehab rumah yang bernilai miliaran rupiah stimulan dari Pemerintah Pusat pada tahun 2015 yang lalu dimana berhasil mengentaskan 96% rumah tidak layak huni di Desa Sawahan. Dari sisi Pemerintah Desa juga terus berupaya untuk melaksanakan program penanggulangan kemiskinan mulai dari program jambanisasi dan pemberdayaan masyarakat.

Camat Ponjong akan terus berupaya untuk intervensi Pemerintah Desa Sawahan untuk mengatasi permasalahan kemiskinan yang ada di Desa Sawahan dengan membangun potensi-potensi yang ada agar dikembangkan dalam rangka menanggulangi kemiskinan walaupun dalam hatinya meragukan kebenaran data tersebut mengingat Desa Sawahan telah banyak meraih program penanggulangan kemiskinan.

Tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab Camat Ponjong terkait dengan hal tersebut. Sinergi antara Pemerintah Desa, Lembaga Desa, dan partisipasi masyarakat harus dikuatkan dalam membangun Desa Sawahan ini sehingga predikat Desa Miskin dan tertinggal dapat berubah. (rizkya)

 

Foto: Triyanto

Komentar atas Camat Ponjong: Desa Sawahan Tertinggal & Rawan Kemiskinan?

samsudin 14 April 2017 09:11:13 WIB
Pameran hari jadi gunungkidul yg akan dilaksanakan pada tgl 9-13 mei, mengundang sentra industri batu mulia sawahan untuk pameran dalam rangka meramaikan hari jadi gk ke 186 di alun-alun pemda gunungkidul
Alim 06 April 2017 20:56:54 WIB
Karakter masyarakat hanya seneng mendapat bantuan sehingga pendataan tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya..
Lekp 06 April 2017 20:55:53 WIB
Kang sugeng..

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM