Sanggar Sapa Jiwa Merangkul Partisipasi Anak-anak Padukuhan Tengger

Riskianto, A.Md. 12 April 2017 22:11:07 WIB

Sawahan (SID) - Sanggar Sapa Jiwa merupakan wadah kreatifitas anak dan remaja yang didirikan sejak 17 Maret 2011 di Padukuhan Jatisari. Sanggar ini terbentuk sebagai pusat kegiatan partisipatif anak dan remaja dalam proses menuju masa depan yang lebih baik.

Setiap anak diharapkan tumbuh dan berkembang bersama keluarga dan lingkungan yang mendukung partisipasi anak sehingga terhindar dari sisi negatif dinamika budaya baru-baru ini. Sanggar ini sebagai wadah belajar bersama di luar sekolah. Selain itu sebagai wadah untuk berekspresi dan berkreasi sehingga anak bisa dengan mudah menyalurkan aspirasi dan terbuka dalam komunikasi.

Sejak tahun 2015 yang lalu Pemerintah Desa memberikan stimulan dana untuk kegiatan Sanggar Sapa Jiwa yang diharapkan kegiatannya mencakup anak di seluruh wilayah Desa Sawahan karena saat ini baru Padukuhan Jatisari yang tercakup.

Sanggar Sapa Jiwa berupaya terus melebarkan sayap menjaring partisipasi anak-anak di Desa Sawahan. Tahun 2017 ini dimulai dengan dirangkulnya anak-anak Padukuhan Tengger. Sejak awal Maret yang lalu para pengurus Sanggar Sapa Jiwa turut mendampingi kegiatan forum anak di Padukuhan Tengger.

Anak-anak di Padukuhan Tengger mengadakan kegiatan setiap hari Minggu yang didampingi langsung oleh pengurus Sanggar Sapa Jiwa. Kegiatan awal yang dilaksanakan di Padukuhan Tengger diantaranya pembentukan pengurus sub sanggar di Padukuhan Tengger dan kegiatan-kegiatan konkret sebagai bentuk pemberdayaan terhadap anak. Kegiatan konkret tersebut seperti kegiatan yang dilaksanakan Sanggar Sapa Jiwa sebagai wadah kreasi anak.

Harapannya sub sanggar yang ada di Padukuhan Tengger ini dapat diikuti partisipasi dari Padukuhan lain di Desa Sawahan sehingga keberadaan Sanggar Sapa Jiwa yang juga representasi dari Forum Anak Desa Sawahan dapat lebih dikembangkan untuk mencakup anak-anak yang ada di Desa Sawahan. (rizkya/debby)

Foto: Debby Pranungsari

Komentar atas Sanggar Sapa Jiwa Merangkul Partisipasi Anak-anak Padukuhan Tengger

kasiyanto 13 April 2017 13:06:51 WIB
Maju terus padukuhan tengger
Arum Rohayati 12 April 2017 22:41:05 WIB
Salam kenal..turut bangga dengan semangatnya forum anak di sawahan. Saya sering bertemu dengan penggiat forum anak di Kab. Kebetulan saya konselor psikologis di P2TP2A kab satu rumpun dg Forum Anak karna sama2 di bawah naungan bidang Pemberdayaan Perempuan. Kebetulan saya asli Ponjong dan sering wira wiri ke sawur
Arum 12 April 2017 22:25:43 WIB
Siipp mantap maju terus forum anak GK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM