Bimbingan Teknis Pemberdayaan Masyarakat tentang Kesehatan Ibu & Anak

Riskianto, A.Md. 20 April 2017 14:26:20 WIB

Sawahan (SID) – Setelah dilaksanakan pemberdayaan masyarakat percepatan perbaikan gizi di Padukuhan Sambirejo Selasa (18/04) kemarin Dinas Kesehatan DIY melanjutkan kegiatan pemberdayaan masyarakat tentang kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Sawahan yang dihadiri oleh Tim Bimtek dari Dinas Kesehatan DIY, Camat Ponjong, UPT Puskesmas Ponjong I, Kepala Desa Sawahan, Ketua Penggerak PKK, Ketua Desa Siaga, Ketua Karang Taruna Desa sejumlah 35 orang.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Dinas Kesehatan DIY memberikan perhatian khusus kepada Desa Sawahan sebagai salah satu Desa kantung kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul utamanya di bidang kesehatan dengan memfasilitasi kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat yang mencakup area prioritas program Indonesia Sehat salah satunya adalah penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Pada tahun 2016 memang terdapat kasus kematian bayi yang disebabkan oleh penyakit jantung bawaan dan aspiksi berat karena terjadi lilitan. Selain itu angka KEK dan anemia pada ibu hamil juga masih tinggi sehingga memang diperlukan pembinaan dan pengawasan terkait dengan kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan pembinaan dan pengawasan terkait kesehatan ibu dan anak dilaksanakan melalui advokasi dan sosialisasi, pendidikan dan pelatihan, serta pemantauan dan evaluasi sebagai intervensi kepada seluruh stakeholder dan masyarakat agar bersinergi untuk menekan angka kematian ibu dan bayi utamanya. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM