Lomba Desa 2017 Tingkat Kabupaten Gunungkidul, Desa Sawahan Urutan Ke-6

Riskianto, A.Md. 10 Mei 2017 10:30:03 WIB

Sawahan (SIDA) – Evaluasi Perkembangan Desa tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2017 telah dilaksanakan di 18 Desa wakil dari 18 Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul. Desa Sawahan yang merupakan wakil dari Kecamatan Ponjong melalui proses evaluasi persiapan yang cukup singkat mampu bersaing di papan atas walaupun dari hasil penilaian hanya mendapatkan urutan ke-6.

Desa Sawahan mendapatkan nilai total 1.112,94 yang terdiri dari nilai indikator: 954; nilai profil desa: 79,44;dan nilai paparan Kepala Desa: 79,50. 5 Desa yang menempati posisi teratas yaitu Ngeposari Kecamatan Semanu dengan nilai 1.166,90; posisi kedua Desa Pulutan Kecamatan Wonosari dengan nilai 1.154,55; posisi ketiga Desa Gading Kecamatan Playen dengan nilai 1.127,56, posisi keempat Desa Bendungan Kecamatan Karangmojo dengan nilai 1.126,62; dan posisi kelima Desa Semin Kecamatan Semin dengan nilai 1.125,25. Sementara 1 tingkat di bawah Desa Sawahan yaitu Desa Ngoro-oro Kecamatan Patuk yang mendapatkan nilai 1.086,72.

Menanggapi hasil tersebut, Kepala Desa Sawahan, Suprapto mengungkapkan apresiasi terhadap usaha seluruh masyarakat Desa Sawahan meskipun hanya memperoleh urutan ke-6. Suprapto mengakui bahwa persiapan yang singkat membuat beberapa point kurang maksimal. Namun demikian, partisipasi masyarakat begitu luar biasa sehingga hasilnya cukup baik dengan perolehan urutan ke-6 tersebut.

Suprapto mengungkapkan bahwa urutan tidak menjadi target utama. Apa yang telah diraih Desa Sawahan saat ini sudah cukup bagus. Target utama yang harus dipikirkan adalah bagaimana merealisasikan program pasca Lomba Desa ini agar kegiatan yang dilaksanakan dapat lebih baik dan membawa kemajuan serta kesejahteraan masyarakat.

Last..Selamat untuk Desa Ngeposari Semanu. Semoga dapat menjadi yang terbaik di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta dan tingkat nasional. Untuk Desa-Desa lainya, tetap semangat untuk menata dan memperbaiki poin-poin kelemahan agar dapat lebih baik lagi.  (rizkya)

 

Foto: Triyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM