Cerita & Harapan Setahun Pengembangan SID di Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 15 Mei 2017 20:28:25 WIB

Sawahan (SIDA) – Perjalanan pengembangan SID di Desa Sawahan selama setahun terakhir melahirkan banyak cerita. Pada awal diluncurkannya website desa yang merupakan fasilitasi dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tersebut muncul semangat baru untuk memberikan kado ulang tahun Gunungkidul ke-185 melalui 1.000 berita dari 144 Desa yang berjalan lancar.

Desa Sawahan menjadi piloting pengembangan Sistem Informasi Desa di Kecamatan Ponjong untuk menggemakan SID di wilayah timur Kabupaten Gunungkidul yang sebelumnya memang hanya bergema di wilayah barat, yaitu Kecamatan Patuk dan Panggang sebagai basis pengembangan SID di Gunungkidul. Kondisi geografis yang tidak menguntungkan tidak menjadi halangan bagi Desa Sawahan untuk bersaing dengan desa-desa lain yang lebih beruntung mempunyai wilayah yang dapat dijangkau sinyal internet. Kebanyakan desa ‘ngebrog’ akibat faktor tersebut. Namun Desa Sawahan tetap berlari tertatih-tatih untuk turut menjadi bagian dari pengembangan SID di Kabupaten Gunungkidul.

Konsistensi untuk mengembangkan SID sepertinya didukung penuh oleh elemen masyarakat Desa Sawahan sehingga fungsi dari SID sebagai media informasi publik dapat dioptimalkan. Terbukti dengan respon positif dari masyarakat untuk ikut andil dalam mengembangkan SID di Desa Sawahan hingga jumlah pengunjung yang meningkat signifikan sehingga menjadikan website Desa Sawahan sebagai website desa dengan pengunjung paling banyak di Kabupaten Gunungkidul.

Berkembangnya website desa sebagai informasi publik juga mendapatkan respon positif dari kalangan umkm desa yang turut andil untuk mempromosikan komoditi-komoditi yang ditawarkan. Selain itu, media informasi desa juga dapat menghidupkan kembali potensi-potensi tidur di Desa Sawahan, seperti halnya penyelamat umbi-umbian yang lama tidak terdengar dapat dibangunkan kembali, pengrajin batu mulia yang berinovasi, dan sebagainya.

Tentu tidak cukup sampai disini, masih banyak hal yang harus dicapai dari pengembangan SID di Desa Sawahan. Potensi pariwisata dan potensi ekonomi yang belum tergali seharusnya segera terekspose dan dikembangkan sehingga berdampak kepada meningkatnya ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, pelayanan publik yang prima serta output pengolahan data yang optimal juga menjadi bagian dari pengembangan SID ini sehingga Sawahan yang dicanangkan menjadi ‘Smart Village’ benar-benar terwujud.

Hal tersebut tentu bukan hanya tanggung jawab dari Pemerintah Desa saja, tetapi tanggung jawab dari seluruh elemen masyarakat untuk turut andil dalam pengembangan media tersebut. Perlu diingat bahwa berkembangnya sektor pariwisata yang sangat pesat di Gunungkidul sebagian besar dimulai dari promosi melalui media informasi internet yang berdampak begitu luar biasa. Semangat untuk maju menjadi harapan kita semua warga masyarakat Desa Sawahan. Mari ‘’Bersinergi Membangun Desa’’ (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM