Sosialisasi Program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat

Riskianto, A.Md. 18 Mei 2017 08:26:24 WIB

Ponjong (SIDA) – Desa Sawahan yang menjadi fokus intervensi Pemerintah Desa di bidang Kesehatan pada Senin (15/05) kemarin mendapatkan pembinaan terkait dengan program rehabilitasi berbasis masyarakat dari Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua Desa Siaga, Ketua Penggerak PKK, perwakilan Kader Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Dukuh serta beberapa perwakilan dari keluarga ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) selain dari UPT Puskesmas Ponjong I dan perwakilan dari Pemerintah Kecamatan.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas maraknya kasus pelanggaran terhadap ODGJ yang salah satunya adalah kasus pemasungan. Di Desa Sawahan sendiri memang terdapat 1 kasus pemasungan ODGJ beberapa waktu yang lalu yang memang disebabkan karena pihak keluarga khawatir terhadap keselamatan.

Yuda, perwakilan dari Dinkes Daerah Istimewa Yogyakarta mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut perlu dilaksanakan agar kasus pasung dan bunuh diri di Kabupaten Gunungkidul dapat ditanggulangi. Selain itu pembinaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat untuk membangun komunikasi yang baik kepada dinas atau Puskesmas dalam rangka pemulihan ODGJ.

Pada kegiatan tersebut hadir pula, Dr. Ida,  spesialis kedokteran jiwa RSUD Wonsoari yang menjelaskan banyak hal terkait dengan permasalahan-permasalahan ODGJ sehingga menambah wawasan terhadap prosedur penanganan ODGJ sesuai dengan SOP.

Harapannya kegiatan tersebut dapat menambah wawasan masyarakat sehingga dapat meningkatkan peran dalam pemulihan ODGJ yang ada di Desa Sawahan ini sehingga dapat hidup sepertihalnya masyarakat pada umumnya. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM