Satu Data Desa Membangun, Pemdes Sawahan Berjejaring

Riskianto, A.Md. 23 Mei 2017 21:48:28 WIB

Sawahan (SIDA) – Pengembangan Sistem Informasi Desa di Desa Sawahan telah melalui tahapan yang luar biasa. Desa Sawahan menjadi bagian dari sejarah pengembangan SID di Gunungkidul. Setahun yang lalu program 1000 Berita dari 144 Website Desa di Kabupaten Gunungkidul sebagai kado istimewa Hari Ulang Tahun Gunungkidul Ke-185 telah dilalui dengan suka cita.

Desa Sawahan juga merupakan salah satu Desa yang konsisten untuk menghidupkan jurnal desa sebagai informasi publik terkait dengan isu-isu desa sehingga informasi dapat menumbuhkan partisipasi masyarakat. Selanjutnya di akhir tahun 2016 Desa Sawahan juga menjadi bagian untuk menyukseskan program PBDT berbasis Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP) yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Pengembangan Sistem Informasi Desa yang telah dibranding Bupati Gunungkidul dengan nama “Sida Samekta” ini tentu tidak selesai sampai disini. Pemerintah Desa Sawahan terus berupaya mengembangkan “Sida Samekta” sebagai salah satu keunikan untuk menjadi unggulan yang diharapkan menjadi capaian prestasi.

Menyadari bahwa tujuan tersebut tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, Pemerintah Desa membangun jejaring dengan berbagai lembaga dan instansi yang diharapkan dapat mewujudkan cita-cita tersebut. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu membangun kerjasama dengan Pemerintah Desa Karangmojo yang merupakan salah satu desa terbaik pengembang Sistem Informasi Desa di Kabupaten Gunungkidul serta IDEA Yogyakarta yang telah berpengalaman dalam memfasilitasi Desa dalam mencapai prestasi-prestasi nasional dan internasional.

Kerjasama tersebut diharapkan dapat menggali potensi yang ada di Desa Sawahan agar dapat dikelola secara sistematis sehingga berdampak positif terhadap keberadaan Desa Sawahan itu sendiri. Tentu peran dan partisipasi masyarakat sangat berpengaruh terhadap cita-cita mulia tersebut. Dorongan dan motivasi serta dukungan dari Pemerintah Daerah jjuga menjadi poin penting dalam mengembangkan Sistem Informasi Desa untuk mewujudkan ‘Gunungkidul Smart Village’. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM