Pembinaan Pengelolaan Keuangan dan Penggunaan Dana Desa

Riskianto, A.Md. 16 Juni 2017 09:22:08 WIB

Sawahan (SIDA) – Kamis siang (15/06) Pemerintah Kecamatan Ponjong melaksanakan pembinaan pengelolaan keuangan desa serta penggunaan Dana Desa di Desa Sawahan. Kegiatan tersebut menghadirkan seluruh perangkat desa dan tim pengelola/pelaksana kegiatan yang terdiri dari unsur LPMD dan tokoh masyarakat.

Ismi Rahahyu, SE, Kasi Pemerintahan Kecamatan Ponjong menyampaikan paparan terkait dengan pengelolaan keuangan desa. Pada kesempatan tersebut Ismi memberikan pengarahan terkait dengan pengelolaan keuangan desa sesuai dengan Perbub 46 2016. Ismi menyampaikan bahwa segala kegiatan pemerintahan desa harus sesuai dengan aturan tersebu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta pertanggung jawaban. Selain itu, Ismi berharap agar mindset perangkat desa harus berubah dari budaya-budaya pasif seperti pada budaya yang selama ini ada di kebanyakan desa.

Perangkat Desa mempunyai peran yang penting dalam pengelolaan keuangan sehingga perangkat desa harus bekerja ekstra keras dalam mengelola keuangan desa sejalan dengan tuntutan pertanggungjawaban terhadap anggaran yang tidak bisa disepelekan.

Selain pembinaan terkait pengelolaan keuangan desa, disampaikan juga pengelolaan dan penggunaan Dana Desa (DD) yang merupakan anggaran bersumber dari Pemerintah Pusat/APBN. Partiman, ST perwakilan dari Sie Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Ponjong memberikan pembinaan terkait dengan pelaksanaan dan pertanggung jawaban anggaran DD.

“Pelaksanaan dan pertanggung jawaban harus sesuai dengan Perbub 32 Tahun 2016 yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan” ungkap Partiman. Partiman mengungkapkan bahwa Desa Sawahan sudah cukup baik dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban DD, namun demikian semuanya harus ditingkatkan agar pelaksanaanya sesuai dengan peraturan yang ada. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM