Musim Kemarau Datang, Beberapa Wilayah Desa Sawahan Kekeringan

Riskianto, A.Md. 01 Juli 2017 11:42:54 WIB

Sawahan (SIDA) – Setelah beberapa terakhir ini wilayah Desa Sawahan tidak diguyur hujan, persediaan air masyarakat di beberapa wilayah Desa Sawahan sudah mulai menipis. Salah satunya adalah wilayah Plarung bagian tengah yang memang setiap musim kemarau selalu dilanda kekeringan.

Wilayah Plarung bagian tengah setiap musim kemarau memang kesulitan mendapatkan air bersih. Puluhan keluarga yang berada di titik rawan kekeringan setiap tahunnya mengandalkan kiriman bantuan air dari Pemerintah Kecamatan yang didata melalui Sie Pelayanan Desa Sawahan.

Menjelang Lebaran tahun ini, sudah 2 kali pengiriman yang dilaksanakan di wilayah Plarung. Diharapkan bak-bak penampungan yang ada dapat dimanfaatkan secara berkelompok agar kebutuhan air dapat tercukupi secara merata. Riskianto, A.Md., Kasi Pelayanan mengungkapkan bahwa setiap musim kemarau biasanya masyarakat Padukuhan Plarung dan Tengger menjadi objek pengiriman air. Untuk Padukuhan Tengger telah dibangun infrastruktur jaringan air pada tahun 2016 sehingga kebutuhan air di awal musim kemarau ini dapat tercukupi.

Untuk Padukuhan Plarung sebenarnya berbagai upaya sudah ditempuh baik dari swadaya masyarakat atau Pemerintah dalam mencukupi kebutuhan air, namun sampai saat ini belum berhasil. Tidak menyerah, Pemerintah Desa Sawahan pada tahun 2017 ini akan membangun jaringan pipanisasi untuk memperbaiki jaringan air yang sudah dibangun sebelumnya. Mudah-mudahan perbaikan jaringan air nanti dapat menjawab persoalann yang cukup mendasar terkait dengan kebutuhan air sehingga permasalahan kekeringan di Desa Sawahan dapat sedikit demi sedikit diatasi. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM