Desa Sawahan Berkesempatan Belajar Geographic Information System (GIS)

Riskianto, A.Md. 10 Juli 2017 21:59:59 WIB

Sawahan (SIDA) – Desa Sawahan yang telah konsisten mengelola Sistem Informasi Desa sejak setahun terakhir hari ini, Selasa (10/07) mendapatkan kesempatan belajar GIS untuk menunjang perencanaan pembangunan desa. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan inisiatif 2 Desa di Kabupaten Gunungkidul, yaitu Desa Sawahan dan Desa Karangmojo bekerjasama dengan IDEA sebagai fasilitator kegiatan.

Kegiatan tersebut rencana akan dilaksanakan selama 3 hari, yaitu pada 10 Juli, 11 Juli, dan 14 Juli 2017 di Kampung Tani Resto, Piyaman, Wonosari. Desa Sawahan tidak menyia-nyiakan kesempatan baik tersebut untuk meningkatkan pengetahuan sehingga dapat dikelola dan diterapkan dalama proses pembangunan desa.

Riskianto, A.Md., Kasi Pelayanan yang juga koordinator pengelola Sistem Informasi Desa (Sida Samekta) di Desa Sawahan mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan inisiatif desa dalam meningkatkan fungsi penerapan teknologi informasi untuk mengolah data yang dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan desa di berbagai bidang.

Riski menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan inovasi level nasional yang dilakukan oleh Desa Sawahan dan Karangmojo dari 74.754 desa di Indonesia. “Mudah-mudahan ilmu yang diperoleh nanti dapat diimplementasikan secara konkret dalam kegiatan Pemerintahan Desa sehingga selain menjadi terobosan, manfaat tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat” harap Riski.

Riski menambahkan bahwa inisiatif tersebut merupakan salah satu praktik baik yang akan ditunjukkan Desa Sawahan dalam kunjungan perwakilan negara-negara ASEAN ke Desa Sawahan pada Kamis (13/07) besok. Harapannya semua elemen dapat turut berpartisipasi agar program baik tersebut berhasil sesuai harapan bersama. “Mari Bersinergi Membangun Desa”. (rizkya)

Foto: SinauGis

Komentar atas Desa Sawahan Berkesempatan Belajar Geographic Information System (GIS)

Anshori 12 Juli 2017 10:56:02 WIB
Mantab, sukses selalu dan tetap semangat tim gis desa sawahan untuk mengembangkan ilmu biar bermanfaat di masyarakat
Yatno 12 Juli 2017 07:06:29 WIB
welok tenin desa sawahan
Tika 11 Juli 2017 11:15:58 WIB
Wow great..
kds prapto 11 Juli 2017 08:22:44 WIB
Amin semoga sukses dan juga berkah buat kita semua amin.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM