Belajar GIS untuk Diimplementasikan Dalam Perencanaan Desa

Riskianto, A.Md. 15 Juli 2017 13:08:42 WIB

Wonosari (SIDA) – Jumat (14/07) menjadi hari terakhir pelaksanaan pelatihan Geographic Information System (GIS) yang dilaksanakan oleh IDEA dan SinauGIS kepada 2 Desa pengembang Sistem Informasi Desa, yaitu Desa Sawahan Kecamatan Ponjong dan Desa Karangmojo Kecamatan Karangmojo. 

Setelah jeda 2 hari yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Senin (10/07) dan Selasa (11/07) kemarin kegiatan pelatihan tersebut dilanjutkan kembali. Desa Sawahan yang mewakilkan  5 orang Tim Sida untuk mengikuti pelatihan tersebut sejak pagi telah hadir dengan penuh semangat memanfaatkan kesempatan baik tersebut, karena di hari yang terakhir tersebut merupakan pelatihan untuk praktik implementasi pemanfaatan GIS dalam perencanaan desa. 

Tim Sida Sawahan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana mengolah data spasial dan geotagging, serta membuat layout data berupa peta tematik yang diharapkan menjadi bahan perencanaan desa yang faktual dan akurat dengan visualisasi yang menarik partisipasi masyarakat untuk turut andil dalam perencanaan desa. 

Dwiyono, Sekretaris Desa yang juga merupakan tim pengelola Sistem Informasi Desa Sawahan mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini, Pemerintah Desa Sawahan akan melaksanakan pengolahan data spasial yang akan digunakan sebagai bahan Musrenbangdesa. 

“Mewujudkan data spasial menjadi bahan perencanaan desa tentu tidak mudah, namun ini merupakan tantangan dari inovasi yang akan kita kembangkan” ungkap Dwiyono. Dwi optimis dengan kekompakkan dan sumber daya yang dimiliki Perangkat Desa dan Tim Sida harapan tersebut dapat diwujudkan. Mari ‘Bersinergi Membangun Desa”. (rizkya)

Foto: SinauGIS

Komentar atas Belajar GIS untuk Diimplementasikan Dalam Perencanaan Desa

anwari 18 Juli 2017 17:17:49 WIB
mantap programnya https://anwariresearcher.blogspot.co.id/
15 Juli 2017 17:14:51 WIB
Joss pak carik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM