‘Smartphone For Smart Village’ Desa Sawahan Segera Dimulai

Riskianto, A.Md. 18 Juli 2017 08:54:44 WIB

Sawahan (SIDA) – Desa Sawahan mempunyai cita-cita besar untuk menerapkan teknologi informasi dalam kegiatan pemerintahan desa. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Pemerintah maupun jejaring lainnya diupayakan dapat menunjang kegiatan yang dicanangkan.

Sejauh ini Pemerintah Desa Sawahan konsisten dalam penerapan teknologi informasi yang dimanfaatkan dalam pelayanan publik, jurnalisme warga, maupun pengolahan data. Terbukti selama setahun terakhir pengembangan Sistem Informasi Desa yang dikenal dengan nama Sida Samekta di Gunungkidul, website Desa Sawahan menjadi website dengan pengunjung paling tinggi di Kabupaten Gunungkidul.

Tentu sesuai dengan harapan pengembangan Sida Samekta di Desa Sawahan tidak berhenti sampai disini. Masih banyak rangkaian pengembangan yang dicanangkan dalam rangka memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Setelah peningkatan kapasitas pengetahuan Tim Sida melalui pelatihan Geographic Information System (GIS) dari jejaring IDEA dan SinauGIS, Pemerintah Desa Sawahan akan segera mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh dengan permasalahan konkret di masyarakat.

Langkah pertama yang akan diambil adalah memanfaatkan smartphone untuk pendataan infrastruktur berbasis GIS sehingga akan memperoleh data faktual infrastruktur yang perlu segera ditindak lanjuti dalam perencanaan pembangunan desa. Mengusung tema ‘Smartphone for Smart Village” diharapkan menjadi spirit Tim Sida bersama dengan Pemerintah Desa serta elemen masyarakat untuk “Bersinergi Membangun Desa” memanfaatkan teknologi. Harapan kita semua semoga cita-cita pengembangan Sida Samekta di Desa Sawahan dapat berhasil. Partisipasi sekecil apapun dari masyarakat tentu akan membawa pengaruh besar dalam mewujudkan cita-cita tersebut. (rizkya)

Foto: Agus Purwanta

Komentar atas ‘Smartphone For Smart Village’ Desa Sawahan Segera Dimulai

Admin 19 Juli 2017 08:23:37 WIB
Terimakasih mas Anshori,, ilmunya besok diupgrade nggih.. hehe..
Anshori 19 Juli 2017 00:13:33 WIB
Slogannya TOP tenan, maju terus desa sawahan, kami mendukungmu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM