Gerakan Masyarakat Sadar Hidup Sehat Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 22 Juli 2017 17:53:38 WIB

Sawahan (SIDA) – Kamis (20/07) Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dan UPT Puskesmas Ponjong I mengadakan penyuluhan model pemberdayaan masyarakat hidup sehat yang dilaksanakan di Balai Padukuhan Sendang II.

Acara tersebut dihadiri oleh Perwosi Kecamatan Ponjong, Kepala Desa dan Perangkat Desa, PKK, BPD, serta Kader Kesehatan Desa Sawahan. Acara diawali dengan senam kesehatan jantung yang dipimpin langsung oleh perwakilan dari Perwosi. Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan oleh Dinas Kesehatan DIY yang menjelaskan tentang gerakan masyarakat hidup sehat. Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat memiliki kesadaran perilaku hidup sehat sehingga berdampak pada derajat kesehatan yang meningkat yang bermuara kepada produktifitas kerja, lingkungan yang bersih, dan cost/biaya berobat yang berkurang.

Kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut menghasilkan kesepakatan di tingkat desa yaitu ‘Gerakan Masyarakat Hidup Sehat’ untuk meningkatkan komunikasi, informasi, dan edukasi bagi keluarga dan kelompok masyarakat dengan membentuk kelompok senam bersama. Kesepakatan-kesepakatan yang diperoleh yaitu membentuk pengurus senam tingkat desa yang akan dilaksanakan di Padukuhan Sambirejo, Gedong dan Selonjono.

Komitmen tersebut menghasilkan kesepakatan untuk melaksanakan senam seminggu sekali di setiap hari Jumat yang akan dimulai sekaligus launching program tersebut pada Jumat (28/07) mendatang. Harapannya kegiatan-kegiatan yang disepakati tersebut menjadi sarana untuk mewujudkan gerakan masyarakat sadar hidup sehat yang berdampak pada meningkatnya derajat kesehatan di Desa Sawahan. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM