Hasil Lokakarya Nasional “Greget Desa 2017”

Riskianto, A.Md. 11 Agustus 2017 21:31:02 WIB

Dlingo (SIDA) – Desa Sawahan yang telah turut berpartisipasi pada even nasional Lokakarya nasional “Greget Desa 2017” dengan tema “Mengelola Sumberdaya Desa untuk Mengurangi Ketimpangan dan Meningkatkan Kesejahteraan” sejak Rabu (09/08) kemarin akhirnya ditutup pada Jumat siang (11/08) di Desa Dlingo, Bantul. 

Rangkaian acara telah dilaksanakan mulai dari diskusi berbagai hal terkait dengan tema lokakarya dan isu-isu desa yang melibatkan berbagi unsur di tingkat desa sampai dengan nasional hingga kunjungan studi untuk melihat praktik-praktik baik di Desa Dlingo. 

Dari kegiatan yang difasilitasi oleh Perkumpulan IDEA tersebut menyepakati beberapa hal diantaranya mengawal kinerja Pemerintah Pusat untuk mewujudkan satu data yang terintegrasi; memastikan Pemerintah Daerah memfasilitasi inisiatif desa/kelurahan untuk mendorong pemanfaatan aset, mengembangkan sistem informasi desa/ sistem informasi kemiskinan, dan sistem aduan masyarakat; memastikan desa transparan dan akuntabel termasuk ketangguhan bencana; mengarus utamakan gender dan inklusi dalam siklus pembangunan; mengawal desa/kelurahan melalui perencanaan partisipatif dan pengawasan melalui audit sosial; serta memastikan program-program mengatasi ketimpangan untuk pemberdayaan masyarakat. 

Rekomendasi tersebut disepakati bersama oleh seluruh peserta lokakarya untuk dikirimkan kepada Pemerintah Pusat yang tentu diharapkan akan berdampak pada terwujudnya satu data terintegrasi yang mengatasi permasalahan kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia. (rizkya)

 

Foto: Pojok Sulsel

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM