Penyuluhan STBM Untuk Warga Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 22 Agustus 2017 10:39:00 WIB

Sawahan (SIDA) – Sebagai tindak lanjut pemberdayaan masyarakat sadar kesehatan beberapa waktu yang lalu dilaksanakan penyuluhan terkait dengan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) kepada 80 warga masyarakat Desa Sawahan yang difasilitasi oleh UPT Puskesmas Ponjong I.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di balai Padukuhan Sambirejo yang menjadi sampel Padukuhan. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa Sawahan, Penggerak PKK Desa, dan kelompok K3S, kader kesehatan, PKK Dasawisma, dan warga masyarakat di Padukuhan Sambirejo.

Suprapto, Kepala Desa Sawahan mengungkapkan bahwa masih banyak permasalahan di Desa Sawahan terkait dengan sanitasi dan pengeloloaan sampah, sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai upaya pemecahan permasalahan tersebut.

Edi Suharismanto, Kepala UPT Puskesmas Ponjong I menyampaikan bahwa ketersediaan air bersih di Padukuhan Sambirejo sudah cukup baik, hanya perlu meningkatkan kualitas dan komitmen perilaku hidup bersih dan sehat dengan memanfaatkan sumber daya yang ada agar program STBM yang terdiri dari 5 pilar STBM yaitu Stop BABS, Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan penglolaan limbah cair rumah tangga dapat terwujud dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut menghasilkan kesepakatan tentang komitmen bersama untuk mewujudkan 5 pilar STBM di Desa Sawahan. Semoga upaya-upaya yang dilakukan nanti menjadi kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat sehingga derajat kesehatan di Desa Sawahan ini meningkat. (rosa eka puspita/rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM