Puncak Acara Bersih Dusun Sendang I & Sendang II Menggelar Pagelaran Tayub

Riskianto, A.Md. 04 September 2017 14:13:24 WIB

Sawahan (SIDA) – Rangkaian kegiatan dalam rangka Bersih Dusun/Rasulan di Padukuhan Sendang I dan Sendang II telah dilaksanakan. Kegiatan Bersih Dusun di 2 Padukuhan tersebut pada tahun ini berlangsung cukup meriah karena melaksanakan pagelaran seni budaya Tayub yang biasanya hanya dilaksanakan sebentar, tahun ini dilaksanakan agak lama.

Pagelaran Tayub dilaksanakan setelah kedua Padukuhan melaksanakan sedekahan pada sore harinya di masing-masing Padukuhan, setelah itu bergabung di Balai Padukuhan Sendang II untuk menggelar pentas budaya tayub tersebut.

Kegiatan pentas budaya tersebut merupakan bentuk ‘nguri-uri’ budaya yang dilaksanakan di Padukuhan Sendang I dan Sendang II. Diharapkan dengan pelaksanaan gelar budaya tersebut, warisan budaya luhur yang ada bisa terus dilestarikan.

Supardi, Dukuh Sendang II mengungkapkan bahwa walaupun Bersih Dusun di Padukuhan Sendang I dan Sendang II dilaksanakan sederhana, namun masyarakat cukup antusias untuk hadir di puncak acara Bersih Dusun tahun ini. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang hadir memenuhi Balai Padukuhan Sendang II untuk menyaksikan pagelaran seni budaya Tayub.

Semoga pelaksanaan Bersih Dusun di Padukuhan Sendang I dan Sendang II tersebut membawa berkah bagi warga Padukuhan Sendang I dan Sendang II serta seluruh warga Desa Sawahan agar diberikan ‘ayom ayem toto titi tentrem, gemah ripah loh jinawi’. (rizkya)

Foto: Khotimah & Supardi

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM