Desa Sawahan Ikuti Workshop Perencanaan Desa Berbasis Spasial

Riskianto, A.Md. 13 Oktober 2017 10:07:54 WIB

Wonosari (SIDA) – Kamis (12/10) Desa Sawahan mengikuti workshop perencanaan desa berbasis data spasial dalam rangka mewujudkan Desa Akuntabilitas Publik. Dalam workshop tersebut, Desa Sawahan bersama Desa Dlingo, Bantul yang merupakan ‘top model’ pengembangan Sistem Informasi Desa di Daerah Istimewa Yogyakarta difasilitasi oleh Perkumpulan Idea dan SinauGIS berdiskusi untuk menyepakati model perencanaan yang akan diwujudkan.

Sebenarnya Desa Sawahan telah memulai perencanaan desa berbasis data spasial walaupun masih terbatas pada pemetaan beberapa insfrastruktur dan data kemiskinan yang dimanfaatkan untuk pertimbangan pengambilan keputusan program jambanisasi. Hal tersebut menjadi sebuah inisiatif yang mendorong peningkatan transparansi di tingkat desa.

Melihat inisiatif tersebut mempunyai prospek yang baik dalam kerangka Desa Akuntabilitas Publik sejalan dengan amanat UU Desa maka perlu didukung dan dioptimalkan melalui injeksi Open Data dan Geographic Information System (GIS).. Desa Sawahan yang menjadi bagian dari pengembangan tersebut tentu bangga dan harus memanfaatkan kesempatan baik tersebut.

Harapannya Desa Akuntabilitas Publik dalam kerangka yang utuh sebagai tujuan pengembangan tersebut dapat diwujudkan dengan membangun kerjasama yang baik serta partisipatif dari berbagai elemen masyarakat. Mari “Bersinergi Membangun Desa”. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM