Satu Data untuk Mendorong Program Penanggulangan Kemiskinan

Riskianto, A.Md. 29 Oktober 2017 11:28:15 WIB

Yogyakarta (SIDA) – Desa Sawahan turut andil dalam acara workshop monitoring program mendorong Sistem Informasi Kemiskinan partisipatif, transparan, dan akuntabel untuk mendukung program penanggulangan kemiskinan daerah yang difasilitasi oleh Perkumpulan Idea di Hotel Santika, Yogyakarta pada Kamis (26/10) dan Jumat (27/10).

Kegiatan tersebut menghadirkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tingkat propinsi, kabupaten/kota, lembaga-lembaga, desa, dan komunitas untuk menyepakati rekomendasi dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan daerah yang mana DIY menempati urutan pertama dalam hal kemiskinan.

Ada 3 hal yang dibahas dalam workshop tersebut diantaranya integrasi sistem informasi kemiskinan, open data, dan audit sosial. Pada kesempatan tersebut Desa Sawahan berdiskusi terkait dengan dengan integrasi sistem informasi kemiskinan yang selama ini masih menjadi kendala di lapangan khususnya di level desa.

Pada pembahasan tersebut menyepakati rekomendasi terkait dengan satu data terintegrasi yang mendorong kewenangan desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data kemiskinan. Dengan rekomendasi tersebut diharapkan tindak lanjut dari multipihak agar program satu data DIY untuk mengatasi permasalahan kemiskinann dapat diwujudkan.

Sinkronisasi data di tingkat desa sampai dengan tingkat pusat menjadi salah satu tantangan yang harus diselesaikan oleh multipihak agar muara kesejahteraan masyarakat melalui program-program penanggulangan kemiskinan dapat dilaksanakan tepat sasaran. (rizkya)

Foto: Hernindya Wisnuadji

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM