Budidaya Jamur di SD Negeri Jatisari untuk Membekali Keterampilan Para Siswa

Riskianto, A.Md. 29 Oktober 2017 13:36:17 WIB

Sawahan (SIDA) – SD Negeri Jatisari yang merupakan salah satu sekolah tingkat dasar di wilayah Desa Sawahan terus berinovasi untuk meningkatkan keterampilan para siswanya. Subardi, S.Pd kepala sekolah yang baru menjabat beberapa waktu yang lalu mulai bergerak untuk memberikan keterampilan kepada para siswanya.

Subardi menyadari bahwa pendidikan tidak terpaku pada mata pelajaran akademik saja, tetapi di era globalisasi ini para siswa harus dibekali keterampilan yang memadai. Salah satu keterampilan yang dikembangkan di SD Negeri Jatisari adalah budi daya jamur tiram di sekolah.

Kegiatan tersebut merupakan swadaya Kepala Sekolah dimulai dengan budidaya jamur sebanyak 60 biji di lingkungan sekolah. Kegiatan budi daya tersebut melibatkan para guru dan siswa mulai dari proses persiapan tanam sampai dengan panen.

Saat ini hasil dari budidaya tersebut rata-rata 3-4 kg per 4 hari yang masih dimanfaatkan oleh para guru dan siswa. Kedepan diharapkan dapat dikembangkan sehingga dapat bernilai ekonomi.

Semoga keterampilan-keterampilan yang diberikan dapat memacu para siswa untuk terus berkembang sehingga para siswa mempunyai kesiapan soft skill maupun hard skill yang tentu akan berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan di Desa Sawahan ini. (triyanto/rizkya)

Foto: Triyanto

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM