Proses PBDT Data Kemiskinan Desa Segera Dilaksanakan

Riskianto, A.Md. 14 Desember 2017 20:15:17 WIB

Sawahan (SIDA) -  Pemerintah Desa Sawahan segera akan melaksanakan proses Pemutakhiran Basis Data Terpadu yang melibatkan TKPK Desa dan operator aplikasi AKP Sida Samekta. Proses pencetakan Form FKP.01.2017 yang berisi daftar awal Rumah Tangga Miskin (RTM) saat ini sudah dilaksanakan.

Riskianto, A.Md., Kasi Pelayanan Desa Sawahan mengungkapkan bahwa proses Musdes akan segera dilaksanakan bersama TKPK Desa Sawahan untuk melakukan pencermatan database FKP.01.2017 tersebut.

Dari pencermatan data tersebut, jumlah RTM 2017 awal mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Selain itu, data yang dulu dilaksanakan update juga mengalami banyak perubahan. Hal tersebut membuktikan bahwa proses pemutakhiran BDT berhasil merubah data lama yang cenderung carut-marut, walaupun secara konkret belum diterapkan pada program-program perlindungan sosial Pemerintah.

Tentu menjadi harapan bersama agar data kemiskinan di Desa Sawahan tidak lagi menjadi permasalahan di masyarakat. Partisipasi dan keikutsertaan masyarakat untuk mengawal data-data yang ada menjadi salah satu poin penting dalam mewujudkan data yang faktual sehingga data yang menjadi acuan kebijakan program perlindungan sosial Pemerintah dapat tepat sesuai sasaran. (rizkya)

Foto: Google

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM