Temathic Maps (T-Maps), Salah Satu Inovasi Pengembangan SID di Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 18 Desember 2017 11:18:58 WIB

Sawahan (SIDA) – Setahun lebih perjalanan pengelolaan SID di Desa Sawahan telah menempatkan website Desa Sawahan menjadi salah website desa yang cukup progressive. Namun demikian masih banyak hal yang harus dibenahi Tim Sida Desa Sawahan untuk meningkatkan sistem informasi agar menjadi media informasi bagi masyarakat yang berkualitas.

Setelah mengikuti pelatihan GIS yang difasilitasi oleh Perkumpulan IDEA dan SinauGIS beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Desa Sawahan telah memulai dan mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan dan terus melakukan updating agar data yang disediakan faktual.

Tim Sida melakukan inventarisasi berbagai data berbasis geografi  kemudian diolah dengan aplikasi berbasis geografi yang menghasilkan data geo tagging dan data spasial dengan layout peta tematik. Selanjutnya data tersebut ditampilkan dan dipublish di kolom T-Maps di website desa. T-Maps merupakan kepanjangan dari Temathic Maps (Peta Tematik) yang menyajikan data-data berbasis geografi. Data tersebut diharapkan menarik partisipasi masyarakat untuk turut mengawal data desa sehingga perencanaan desa akan lebih baik.

Selain itu, data yang ada akan menjadi lebih faktual dan akurat karena sesuai dengan kondisi yang sebenarnya sehingga prioritas pembangunan dan perencanaan kebijakan diharapkan akan lebih terarah. Mari bersinergi membangun desa. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM