Visi ‘Smartphone For Smart Village’ Desa Sawahan Terus Berlanjut

Riskianto, A.Md. 18 Desember 2017 12:16:20 WIB

Sawahan (SIDA) – Desa Sawahan mempunyai cita-cita besar untuk menerapkan teknologi informasi dalam kegiatan pemerintahan desa. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Pemerintah maupun jejaring lainnya diupayakan dapat menunjang kegiatan yang dicanangkan.

Sejauh ini Pemerintah Desa Sawahan konsisten dalam penerapan teknologi informasi yang dimanfaatkan dalam pelayanan publik, jurnalisme warga, maupun pengolahan data. Terbukti selama setahun lebih pengembangan Sistem Informasi Desa yang dikenal dengan nama Sida Samekta di Gunungkidul, website Desa Sawahan menjadi salah satu yang paling progressive.

Tentu sesuai dengan harapan pengembangan Sida Samekta di Desa Sawahan tidak berhenti sampai disini. Masih banyak rangkaian pengembangan yang dicanangkan dalam rangka memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Setelah peningkatan kapasitas pengetahuan Tim Sida melalui pelatihan Geographic Information System (GIS) dari jejaring IDEA dan SinauGIS beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Desa Sawahan memulai kembali mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh dengan permasalahan konkret di masyarakat.

Pemerintah Desa bersama Karang Taruna Desa memanfaatkan smartphone untuk pendataan infrastruktur berbasis GIS sehingga akan memperoleh data faktual infrastruktur yang perlu segera ditindak lanjuti dalam perencanaan pembangunan desa. Menggotong tema ‘Smartphone for Smart Village” diharapkan menjadi spirit Tim Sida bersama dengan Pemerintah Desa serta elemen masyarakat untuk “Bersinergi Membangun Desa” dengan memanfaatkan teknologi yang visible saat ini.

Harapan kita semua semoga cita-cita pengembangan Sida Samekta di Desa Sawahan dapat berhasil. Partisipasi sekecil apapun dari masyarakat tentu akan membawa pengaruh besar dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

Monggo dilihat kembali updating data berbasis GIS di T-Maps Desa Sawahan  (rizkya)

 

Foto: google

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM