Bank Sampah, Bentuk Pemberdayaan Masyarakat di Padukuhan Sambirejo

Riskianto, A.Md. 18 Desember 2017 21:48:57 WIB

Sawahan (SIDA) -  Padukuhan Sambirejo merintis Bank Sampah sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat Padukuhan Sambirejo. Bank Sampah tersebut dikelola oleh beberapa pengurus dari PKK Padukuhan yang menampung sampah-sampah yang tidak terpakai dari warga untuk dikelola dan dijual melalui Bank Sampah.

Bank Sampah Sambirejo mengelola sampah warga berupa plastik, kertas, kaleng, botol kaca, dan sebagainya untuk dipilah-pilah kemudian dijual setiap seminggu sekali. Hasil dari penjualan sampah tersebut ditabung masyarakat dan dikelola oleh Bank Sampah, sedangkan keuntungan dari penjualan menjadi kas operasional Bank Sampah. Saat masyarakat membutuhkan hasil penjualannya dapat mengambil ke Bank Sampah tersebut.

Dwi Yuliana, Dukuh Sambirejo menjelaskan bahwa antusias masyarakat Padukuhan Sambirejo untuk berpartisipasi dalam upaya pemberdayaan masyarakat tersebut sangat tinggi. Selain itu, masyarakat dapat mengambil keuntungan ekonomi dari sampah yang tadinya hanya dibuang atau dibakar.

Harapannya Bank Sampah yang telah dirintis kurang lebih 4 bulan terakhir ini dapat terus ditingkatkan sehingga masyarakat dapat memanfaatkan sampah menjadi nilai ekonomi yang dapat sedikit membantu kebutuhan masyarakat serta permasalahan kesehatan terkait sampah dapat diatasi. (Dwi Yuliana)

Foto: Dwi Yuliana

Komentar atas Bank Sampah, Bentuk Pemberdayaan Masyarakat di Padukuhan Sambirejo

Lasiyar 19 Desember 2017 16:15:39 WIB
Sangat bermanfaat kapan. Dusun.Sawur di adakan bank.sampah ya colek Pak Supriyono.
B. sutrisno 19 Desember 2017 07:33:03 WIB
kegiatan yg fositif semoga dapt dicontoh dusun yg lain.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM