Sebagian Besar Wilayah Desa Sawahan Masih Belum Terjangkau Sinyal

Riskianto, A.Md. 27 Desember 2017 10:06:24 WIB

Sawahan (SIDA) – Komunikasi memang menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap masyarakat. Sejak berkembangnya teknologi yang memudahkan komunikasi serta pertukaran informasi memang berdampak besar di segala aspek kehidupan baik positif maupun negatif.

Tentu berkembangnya teknologi informasi harus didukung dengan infrastruktur yang memadai. Pertukaran informasi dan komunikasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa infrastruktur yang memadai. Sebagai contoh adalah Desa Sawahan. Desa Sawahan sebagai salah satu Desa yang konsisten mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi informasi sebagai sarana penunjang kegiatan pemerintahan ternyata masih saja mengalami permasalahan tersebut.

Desa Sawahan yang merupakan salah satu desa pengembang yang cukup progresif di Kabupaten Gunungkidul, tetapi sebagaian besar wilayah di Desa Sawahan masih saja susah menerima sinyal seluler apalagi sinyal internet dari provider-provider yang ada selama ini. Berbagai upaya telah ditempuh. Pemerintah Desa sendiri telah membangun jaringan internet yang dapat memenuhi kebutuhan layanan data di Balai Desa. Namun jaringan tersebut hanya dapat diakses di balai desa saja.

Warga masyarakat mengeluhkan susahnya sinyal di beberapa wilayah Desa Sawahan, bahkan masih banyak titik-titik ‘blank-spot’ atau tidak menerima sinyal sama sekali. Pemerintah Desa Sawahan sendiri berupaya untuk mengusulkan pendirian tower pemancar sinyal sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi dan berdampak pada kemajuan warga masyarakat.

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke redaksi berkaitan dengan permasalahan tersebut terutama para pemudik yang sangat menyayangkan kondisi beberapa wilayah Desa Sawahan yang benar-benar ‘blank-spot’ padahal dari sisi penerapan teknologi informasi cukup maju. Ironis tentunya. Namun demikian, Pemerintah Desa  tidak putus asa berupaya agar keluhan warga masyarakat dapat didengar oleh pemangku kepentingan sehingga sebagian besar wilayah Desa Sawahan yang benar-benar terisolasi dari sinyal seluler/data dapat menikmati perkembangan teknologi secara merata. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM