Sajino Masih Bertahan Memproduksi Kerajinan Bambu Ditengah Modernisasi

Riskianto, A.Md. 11 Januari 2018 11:20:12 WIB

Sawahan (SIDA) – Apakah ada mengenal nama perkakas rumah tangga bernama "Tompo"? satu dari nama beberapa jenis hasil kerajinan tangan asli jawa yang sudah ada sejak dari jaman dulu. Terbuat dari bambu yang di buat dengan cara dianyam dan di rangkai yang biasanya dulu di gunakan sebagai tempat beras atau tempat menaruh bahan-bahan didapur lainnya.

Saat ini mungkin sekarang sudah jarang sekali yang menggunakan peralatan-peralatan tersebut seiring perkembangan jaman yang semakin modern dan banyaknya Masyarakat yang beralih ke peralatan masa kini sehingga membuat "Tompo" perlahan mulai hilang dari peredaran dan terlupakan bahwa keberadaanaya pernah berperan penting serta populer di jamanya.

Pak Sajino (59), warga Padukuhan Selonjono merupakan salah satu pengrajin bambu yang membuat kerajinan berupa peralatan tersebut dan masih bertahan hingga saat ini. Kerajinan hasil tangan Pak Sajino, ada 3 jenis ukuran  yaitu kecil, sedang dan besar dengan harga yang sangat murah mulai dari harga Rp 4.000 - Rp 8.000. Selain “Tompo” Pak Sajino juga memproduksi kipas, cikrak dan kandang ayam dengan versi ukuran sesuai pesanan yang semuanya terbuat dari bambu.

Pak Sajino menekuni kerajinan dari bambu tersebut sejak kecil sampai saat ini. Dia memperoleh keterampilan tersebut secara otodidak. Jika ada yang berminat bisa datang langsung datang kerumahnya di Padukuhan Selonjono RT 04 RW 07 atau bisa menghubunggi di nomor HP. 081905824689. Pak Sajino melayanani pesanan satuan maupun dalam jumlah yang banyak. (Eka Setiawan/Reni)

 

Foto: Reni

Komentar atas Sajino Masih Bertahan Memproduksi Kerajinan Bambu Ditengah Modernisasi

Lintang Pandjerino 17 Januari 2018 10:42:57 WIB
Kerajinan tangan dari bambu merupakan sebuah wujud kreatifitas masyarakat yang memanfaatkan batang bambu yang memiliki sifat kuat nan fleksibel, menjadi suatu produk akhir yang berguna bagi kehidupan serta enak dipandang mata. Mengapa Membuat Kerajinan Tangan dari Bambu Sejak zaman dulu, para leluhur bangsa Indonesia telah memanfaatkan tanaman bambu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mulai dari tempat tinggal, peralatan memasak, peralatan makan, peralatan bangunan, bahkan dijadikan senjata untuk mengusir penjajah. Salah satu pemanfaatan penggunaan bambu yang masih digunakan hingga kini adalah kerajinan anyaman. Kerajinan anyaman bambu di Indonesia banyak sekali jenis dan macamnya. Setiap daerah memiliki jenis anyaman bambu sendiri. Motif anyaman bambu setiap daerah pun berbeda-beda, tergantung dari adat dan budaya yang berkembang di daerah tersebut. Namun, ternyata tidak semua jenis bambu bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan, lho. Hanya bambu-bambu dengan spesifikasi tertentu saja yang dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan –termasuk anyaman bambu.
Kartino 11 Januari 2018 17:39:53 WIB
Alhamdulillah sekarang masih ada yg membuat anyaman itu.sukses lik.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM