Pemutakhiran Basis Data Terpadu (BDT) Data Kemiskinan Terus Diupayakan

Riskianto, A.Md. 23 Januari 2018 08:38:51 WIB

awahan (SID) – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus berupaya untuk melakukan perbaikan data kemiskinan yang selama ini menjadi kendala di lapangan. Data dari Pemerintah Pusat yang merupakan basis data dari PPLS 2011 dan pemutakhiran data tahun 2015 dirasa masih banyak yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

Sejak tahun 2016 yang lalu Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyusun data kemiskinan melalui Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP) di tingkat desa dan diolah melalui program supra desa di tingkat Kabupaten yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan terkait data kemiskinan yang sering menjadi gejolak di masyarakat.

Analisis Kemiskinan Partisipatif (AKP) dilakukan dengan mencermati basis data yang ada kemudian perubahan status rumah tangga akan didata oleh pokja pendataan TKPK Desa yang selanjutnya diinput kedalam Sistem Analisis Sida Samekta.

Hasil analisis dari supra desa TKPKD Gunungkidul akan diajukan ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang akan melakukan perangkingan di tingkat pusat yang selanjutnya akan diolah menjadi data kemiskinan sebagai sebagai basis data program perlindungan sosial.

Harapannya data yang muncul pada program-program nasional perlindungan sosial nanti dapat sesuai dengan fakta di lapangan sehingga tidak menjadi gejolak di masyarakat. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM