Berupaya Meningkatkan Tipologi Desa Berdampak Pada Pengurangan Alokasi Dana [Opini]

Riskianto, A.Md. 21 Februari 2018 09:10:36 WIB

Setiap Desa tentu mempunyai harapan agar menjadi Desa maju atau mandiri. Berbagai upaya dari Desa untuk menggali potensi desa serta mengoptimalkan Sumber Daya yang ada untuk meningkatkan status dan tipologi desa sehingga tidak dipandang sebelah mata.

Namun kebijakan Pemerintah terhadap alokasi dana yang masuk ke Desa ditentukan oleh salah satu faktor yaitu tipologi desa. Semakin desa tertinggal, maka dana yang akan masuk ke desa semakin tinggi. Memang ada satu sisi positif dari kebijakan tersebut yaitu percepatan terhadap pembangunan desa-desa tertinggal.

Namun, kebijakan tersebut terdapat sisi negatif yang justru membuat Desa-Desa semakin ketergantungan terhadap alokasi Dana dari Pemerintah sehingga banyak Desa malas bergerak agar tetap menjadi Desa tertinggal dan mendapatkan alokasi dana yang lebih banyak.

Sudah selayaknya kebijakan terkait hal tersebut ditilik kembali sehingga dampak-dampak negatif dari kebijakan tersebut dapat ditanggulangi. Hal ini dirasakan Desa Sawahan yang berupaya terus membangun desa, tetapi saat perjuangan tersebut ‘on fire’ asupan dana yang masuk mengalami pengurangan yang sangat berdampak signifikan terhadap pembangunan desa.

Pada tahun 2016 Desa Sawahan mempunyai tipologi Desa Tertinggal, namun di tahun 2017 berhasil meningkat menjadi Desa Berkembang, dan akhirnya pada tahun 2018 mendapatkan ‘reward’ pengurangan Dana Desa sebanyak 18% atau senilai kurang lebih Rp. 185.000.000,00. Bagiamana pendapat anda? ( Opini dari Riskianto, A.Md.)

Komentar atas Berupaya Meningkatkan Tipologi Desa Berdampak Pada Pengurangan Alokasi Dana [Opini]

sus 23 Februari 2018 09:21:04 WIB
good opinion mas riski,, sangat inspiratif. harapan setiap Desa menjadi desa yang maju dan mandiri dengan tidak tergantung terhadap dana dari pemerintah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM