Pemerintah Desa Sawahan Siapkan Bantuan Stimulan Rumah untuk Korban Bencana Alam

Riskianto, A.Md. 16 Maret 2018 21:00:35 WIB

Sawahan (SIDA) -  Kejadian bencana alam akibat cuaca buruk yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Gunungkidul termasuk Desa Sawahan beberapa waktu yang lalu memang mengakibatkan kerusakan infrastruktur sekaligus rumah warga akibat bencana tersebut.

Pemerintah Desa Sawahan berkomitmen untuk menuntaskan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sejak terakhir tahun 2015 sebanyak 216 RTLH disapu bersih melalui program BSPS Kementrian Pupera. Sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) 2018 akan dialokasikan 10 rumah tidak layak huni yang akan disasar melalui Dana Desa (DD). Namun akibat menurunnya pagu DD di Desa Sawahan, pada tahun 2018 ini hanya dianggarkan sebanyak 4 unit.

Prioritas penerima bantuan RTLH adalah korban bencana yang belum tercover relokasi maupun perbaikan rumah. Harapannya para korban bencana alam tersebut dapat terbantu dan bangkit kembali.

Sampai saat ini Pemerintah Desa masih terus berkoordinasi dengan calon penerima bantuan terkait dengan kesiapan pelaksanaan mengingat DD Tahap I pada awal Maret ini sudah cair sebanyak 20% yang rencana akan dialokasikan untuk kegiatan tersebut.

Semoga program yang berpihak kepada masyarakat tersebut dapat berjalan dengan baik. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM