Operator SIKS-NG Desa di Kecamatan Ponjong Melaksanakan Pelatihan Mandiri

Riskianto, A.Md. 12 April 2018 14:21:52 WIB

Sawahan (SIDA-Kawasan) – Rabu (11/04) Paguyuban Kasi Pelayanan Desa se Kecamatan Ponjong dan TKSK Kecamatan Ponjong melaksanakan pelatihan pengoperasian SIKS-NG secara mandiri dengan mengundang narasumber dari Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan tersebut sebagai langkah pemantapan pengetahuan terkait SIKS-NG mengingat pelatihan yang dilaksanakan Pemkab hanya satu kali sehingga pemahaman terkait aplikasi tersebut masih sangat minim.

Padahal satu sisi SIKS-NG akan dimanfaatkan sebagai instrumen utama dalam pelaksanaan perbaikan data kemiskinan yang selama ini menjadi permasalahan di masyarakat. Menyadari pentingnya hal tersebut paguyuban Kasi Pelayanan Desa di Kecamatan Ponjong segera menindaklanjuti proses Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) data kemiskinan yang harus diselesaikan tanggal 12 April 2018 besok.

SIKS-NG merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementrian Sosial sebagai pengolah data kemiskinan yang menjadi acuan program di tingkat pusat. Sebenarnya Desa baru saja melaksanakan (PBDT) menggunakan aplikasi Sida Samekta, namun karena aplikasi yang menjadi acuan adalah SIKS-NG, desa harus mengulang PBDT dalam waktu yang relatif singkat yakni tidak lebih dari 1 Minggu.

Tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk melakukan PBDT dalam waktu yang sangat singkat tersebut. Namun demikian pekerjaan harus dilakukan sebagai ikhtiar untuk memperbaiki data kemiskinan yang ada di Desa. (rizkya)

Foto: Tri Wahyuni TKSK

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM